Tips Simpel Mengatasi Kulit Kering pada Wajah

By | December 21, 2019

Kulit kering merupakan masalah yang sering menimpa kulit wajah. Tentunya ini akan membuat penampilan kurang maksimal. Kulit kering tidak mudah disembunyikan dengan make-up sehingga menurunkan tingkat kepercayaan diri. Penyebabnya beragam, umumnya karena berkurangnya minyak yang diproduksi kalenjar kulit.

Minum Air yang Cukup dan Perbaiki Pola Makan

Kulit kering akan menyebabkan dehidrasi pada wajah, karena itu minumlah banyak air agar kulit tetap segar. Minum minimal 8 gelas sehari untuk kulit yang lebih lembab. Selain itu konsumsi makanan bergizi yang mengandung banyak air.

Konsumsi pula buah dan sayuran yang mengandung banyak vitamin A, C dan E. Ini akan membantu menjaga kelembapan kulit dari dalam. Vitamin-vitamin tersebut juga berfungsi mengencangkan, melembabkan dan menyegarkan kondisi kulit wajah.

Mandi atau Kompres dengan Air Hangat

Air panas dapat merusak kulit, namun air hangat suam-suam kuku bisa membantu mengatasi kulit wajah yang kering. Air hangat juga berfungsi mengunci minyak alami kulit, sehingga menjaga dan merawat kulit agar tetap lembab dan lembut.

Kompres dengan air hangat bagian yang kering dengan kain yang lembut untuk mengangkat sel kulit mati sekaligus menghidrasi kulit kering. Setelah kering, oleskan pelembab untuk menambah kadar air dalam wajah.

Pakai Pelembab

Pelembab akan membantu menjaga kulit tetap lembab dari luar. Jika kulit kering sepanjang hari, gunakan pelembab beberapa kali, minimalnya dua kali dalam sehari. Hindari penggunaan toner yang menarik minyak setelah memakai pelembab.

Berdasarkan informasi dari Storie, kulit yang bersih dan lembab akan lebih mudah menyerap make-up

dan mempertahankan kadar air yang sesuai. Pakailah pelembab yang sesuai dengan jenis kulit wajah agar terhindar dari kulit kering ataupun kulit berminyak.

Pilih Sabun Cuci Muka yang Sesuai

Hindari produk-produk kecantikan yang menghilangkan minyak wajah secara menyeluruh dan cepat, terutama sabun pembersih. Ini akan membuat kulit makin kering. Hindari pula produk yang menggunakan pengharum, alkohol, AHA dan retinoid bagi pemilik kulit kering.

Pilih produk pembersih wajah dengan kandungan pH netral untuk mencegah banyaknya minyak yang ikut dibersihkan. Sabun biasa yang mengandung pH basa akan membuat kulit bertambah kering dan kusam.

Hindari Alkohol, Rokok dan Kafein

Menghindari tiga hal tersebut selain menjaga kulit tetap lembab, juga akan membuat kulit sehat dan lebih cerah. Ini disebabkan bahan-bahan yang terkandung dalam alkohol, rokok dan kafein akan memperburuk kondisi kulit kering dan seringkali menjadi pemicunya.

Kafein, rokok dan alkohol juga menyebabkan berkurangnya air dalam tubuh karena dikeluarkan dalam bentuk urin. Pastikan untuk menghindari tiga hal tersebut untuk menjaga kulit tetap lembab dan sehat.

Kulit kering merupakan kondisi kulit yang bisa diatasi dengan perawatan yang rutin dan teratur. Ubah pola hidup menjadi lebih sehat untuk membantu proses hidrasi kulit dan menjaganya lembab sepanjang waktu. Jika perlu gunakan pelembab untuk menjaga kulit atau kunjungi dokter kulit untuk perawatan dan konsultasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *