6 Tips Memilih Payroll Software Indonesia yang Terbaik Untuk Menunjang Bisnis Anda

By | May 19, 2020

Payroll software Indonesia kini semakin banyak digunakan oleh perusahaan kecil, menengah, maupun yang beskala besar. Software payroll dianggap sebagai solusi terbaik untuk menyelesaikan pekerjaan yang terkait dengan perhitungan gaji karyawan di sebuah perusahaan. Menghitung gaji karyawan sebuah perusahaan bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Perhitungan gaji yang dilakukan dengan cara manual justru hanya akan mempersulit Anda dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut. Untuk itu, Anda perlu menggunakan software payroll terbaik agar proses perhitungan gaji karyawan menjadi semakin mudah untuk dilakukan. Untuk mendapatkan software payroll terbaik, simak tipsnya berikut ini!

1. Pilih Software yang Memiliki Tampilan Sederhana dan Bahasa yang Mudah Dipahami

Dalam memilih sebuah software payroll, Anda harus memperhatikan tampilan software tersebut. Pastikan software payroll yang akan digunakan memiliki tampilan antarmuka yang sederhana dengan bahasa yang mudah untuk dipahami. Semakin sederhana software tersebut, semakin mudah pula bagi Anda untuk mengoperasikannya.

2. Perhatikan Fitur-Fitur yang Ditawarkan

Sebelum Anda menggunakan sebuah software payroll untuk menghitung gaji para karyawan, terlebih dulu Anda harus memastikan bahwa software tersebut memiliki fitur-fitur yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dalam menghitung gaji karyawan, Anda memang membutuhkan berbagai fitur yang dapat mengakomodir berbagai hal, termasuk pengelolaan BPJS, insentif bagi karyawan, dan lain sebagainya.

3. Pastikan Software Tersebut Transparan dan Dapat Diakses Karyawan

Anda harus memastikan payroll software Indonesia yang Anda gunakan memiliki transparansi data yang baik sehingga tidak hanya akan menguntungkan satu pihak saja. Transparansi dalam masalah perhitungan gaji karyawan memang sebuah hal yang penting. Untuk itu, pilihlah software payroll yang dapat dengan mudah diakses oleh para karyawan sehingga informasi tentang gaji yang diterima, tunjangan, maupun potongan dapat diketahui secara transparan.

4. Mampu Melakukan Proses Perhitungan dengan Cepat, Tepat, dan Akurat

Penggunaan software payroll memang bertujuan untuk memudahkan perusahaan dalam menghitung gaji para karyawan. Karena itulah, software tersebut memang harus punya kemampuan untuk melakukan perhitungan gaji secara cepat, tepat, dan akurat. Untuk itu, pastikan software payroll tersebut mempunyai perhitungan otomatis, cepat, dan terintegrasi.

5. Pastikan Software up to date Terhadap Perubahan

Dalam menghitung gaji karyawan, faktor-faktor seperti kebijakan pajak ataupun kebijakan tunjangan karyawan juga harus Anda perhatikan. Untuk itu, Anda perlu menggunakan software payroll yang up to date terhadap perubahan internal maupun internal seperti misalnya perubahan kebijakan pajak tersebut.

6. Pilih Software yang Dapat Menjaga Data Perusahaan dengan Aman

Data-data perusahaan dan data yang terkait karyawan merupakan sesuatu yang sifatnya rahasia. Karena itulah, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa software payroll yang Anda gunakan mampu menyimpan data-data tersebut dengan aman. Ada kalanya, pembatasan akses diperlukan agar data-data tersebut tidak bocor pada pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Itulah beberapa tips dalam memilih payroll software Indonesia yang terbaik. Dengan mengetahui berbagai tips tersebut, diharapkan Anda tidak akan salah dalam memilih software payroll untuk perusahaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *