Angkak, Si Merah Kaya Manfaat Kesehatan

By | December 18, 2019

 

Angkak memang belum begitu populer di masyarakat Indonesia. Angkak adalah beras yang difermentasi oleh ragi yang berasal dari Tiongkok. Di daerah asalnya, angkak telah dijadikan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Manfaat Angkak untuk Kesehatan Tubuh

Angkak dapat Anda jumpai di pasar tradisional maupun pasar swalayan. Namun sekarang juga banyak produk-produk obat yang menggunakan tambahan angkak. Rata-rata produk tersebut dijual di apotek, untuk mencarinya Anda dapat mengunjungi https://www.goapotik.com/promo/obat-muntah-setelah-operasi agar lebih mudah menemukan obat yang Anda cari.

Berbagai manfaat bisa diambil dari angkak baik untuk mengobati penyakit maupun menjaga tubuh dari gangguan penyakit. Di antaranya adalah :

1. Menjaga kadar kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dapat mengakibatkan beberapa masalah penyakit seperti serangan jantung, asam urat, dan diabetes. Enzim HMG-CoA Reductase yang dapat melakukan sintesi kolesterol dapat dihambat dengan zat yang terkandung di dalam angkak. Dengan hal tersebut artinya dapat menjaga kadar kolesterol agar tidak naik.

2. Meningkatkan imun

Anda dapat mengolah angkak menjadi bahan makanan yang menyehatkan. Caranya dengan mencampur makanan dengan angkak seperti sup ayam, maupun dengan meminum rendaman angkak. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengolah angkak. Dengan begitu, selain menambah nafsu makan imun dalam tubuh pun akan terjaga.

3. Menurunkan hipertensi

Angkak memiliki kandungan zat yang dapat menurunkan tekanan darah. Untuk menurunkan hipertensi, cukup dengan meminum rendaman air beras angkak dan rutin meminumnya setiap hari. Efek buruk hipertensi seperti stroke, penyakit jantung, mudah pusing dan sakit kepala, diabetes, mudah dan cepat merasa marah dapat dihindari.

4. Menguatkan kinerja limpa

Sel-sel darah merah yang telah rusak akan diuraikan oleh limpa. Fungsi lain dari limpa yakni sebagai penyaring senyawa-senyawa asing yang dapat mengganggu tubuh. Larutan angkak yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja limpa akan menjadikan tubuh terhindar dari penimbunan sisa-sisa sel darah merah dan senyawa-senyawa asing.

Selain beberapa manfaat di atas, angkak juga telah dikenal sebagai obat demam berdarah anak yang telah dipercaya sejak lama sebagai obat alami untuk meredakan gejala demam berdarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *