Tips Memilih Hosting di Indonesia

By | May 11, 2019

Hosting merupakan faktor yang sangat penting dalam sebuah website. Dengan hosting yang berkualitas serta sesuai dengan web yang dibuat bisa mejadikan performa dari web tersebut menjadi optimal. Demikian juga sebaliknya jika menggunakan hosting asal asalan maka bisa saja website kita sering mengalami gangguan entah itu down maupun yang lainnya.

Oleh karenanya sebelum menentukan hosting yang akan dipakai untuk website kita sebaiknya kita memperhatikan beberapa hal yang terkait dengan hosting tersebut. Sejumlah tips di bawah ini bisa anda gunakan jika anda ingin mencari hosting yang cocok untuk web anda. Adapun tipsnya sendiri adalah sebagai berikut :

  • Pilihlah spek hosting yang sesuai kebutuhan
    Tentunya sebelum memilih hosting yang akan kita pakai kita harus paham kebutuhan dari penggunaan hosting kita tersebut. Dengan mengetahuinya maka kita bisa menentukan spek hosting seperti apa yang harus kita pakai. Misalnya saja kita hanya akan membuat sebuah web personal dengan skala kecil maka menggunakan shared hosting dengan kapasitas penyimpanan 300an MB seperti pada paket lite di domainesia sudah mencukupi. Namun jika kita berkeinginan untuk membuat website yang berukuran cukup besar maka ada baiknya memilih paket hosting yang lebih tinggi, misalnya saja menggunakan paket monster dari domainesia yang memiliki spce 5 GB atau bisa juga menggunakan VPS.
  • Pakailah hosting dengan lokasi server terbaik
    Lokasi dari server ini cukup berpengaruh terhadap cepat tidaknya web kita bisa diakses. Jadi pilihlah lokasi server web yang sesuai dengan lokasi dari mayoritas visitor web kita. Misalnya saja kita akan membuat sebuah website toko online yang menargetkan pengunjung dari indonesia maka memilih menggunakan hosting dengan server yang berlokasi di Indonesia adalah pilihan yang tepat. Apalagi sekarang ini sudah terdapat cukup banyak hosting indonesia yang menyediakan jenis server tersebut.
  • Harga Hosting
    Faktor harga mau tidak mau harus kita perhatikan sebelum memilih hosting. Pastikan hosting yang akan kita beli sesuai dengan budget yang kita miliki. Untuk saat ini sendiri sudah cukup banyak layanan hosting yang menyediakan paket hosting dengan harga yang cukup murah. Misalnya saja di domainesia kita bisa membeli paket hosting dengan harga mulai dari 8000 an tiap bulannya.
  • Keamanan Hosting
    Mengingat web yang kita buat biasanya isinya merupakan hal yang penting bagi kita maka faktor keamanan dari hosting benar benar harus kita perhatikan. Jangan sampai kita menggunakan hosting yang tidak terjamin keamanannya sehingga mudah diacak acak hacker dan data kita dicuri. Karena itu pilihlah hosting yang memiliki faktor keamanan tinggi misalnya saja sudah menggunakan SSL versi terbaru dan sebagainya.
  • Kompabilitas Dari Hosting
    Hal lain yang harus kita perhatikan dalam pemilihan hosting ini adalah soal kompabilitas hosting tersebut dengan web kita. Kompabilitas ini meliputi kompabilitas dengan script website, plugin maupun yang lainnya. Misalnya saja kita akan membuat sebuah web toko online dengan menggunakan sejumlah plugin seperti plugin ongkos kirim woongkir maka pastikan hosting kita kompatibel dengan plugin tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *