Lebih Hemat Dengan Lampu LED

By | May 15, 2019

Penerangan merupakan hal yang mutlak adanya dalam sebuah industri. Biaya listrik untuk penerangan dalam bidang industri patut diperhitungkan sebagai anggaran pokok operasional industri. Salah-salah dalam mengatur penerangan tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan pemborosan energi. Strategi pengaturan penting untuk dilakukan, penerangan tidak berperan aktif dalam proses produksi industri namun tetap diperlukan untuk kelancaran operasional.

Pemanfaatan cahaya alami atau bukan cahaya listrik merupakan salah satu hal yang harus dipertimbangkan untuk menekan biaya operasional yang tidak perlu. Sumber cahaya alami ini dapat digunakan sebagai sumber penerangan dari pagi hingga sore, meskipun demikian pencahayaan dari listrik pun tetap diperlukan untuk menerangi ruangan yang tidak terjangkau oleh sinar matahari. Pencahayaan bisa diberikan dengan menggunakan LED. LED atau Light Emiting Diode mampu menghemat energi hingga 85% dibandingkan dengan neon atau lampu biasa. Selain menghemat energi, lampu LED atau dioda pemancar cahaya ini pun sangat ramah lingkungan karena pancaran karbon sebagai residu yang dihasilkan dari perubahan energi listrik menjadi cahaya lebih rendah dibandingkan dengan lampu pijar.

Minimnya pancaran karbon ikut andil menekan angka pemanasan global yang saat ini menghantui seluruh umat manusia di dunia. Selain awet listrik dan ramah lingkungan, lampu LED pun memiliki usia pakai yang lebih lama. Lampu LED dengan kualitas terbaik memiliki durasi pakai 25 ribu jam, atau 25 kali lebih panjang masa penggunaanya dibandingkan dengan lampu pijar. Ketahanan lampu ini tentunya merupakan hal yang patut dipertimbangkan untuk meminimalisir biaya operasional penerangan industri.

Selain aspek penerangan, banyak hal yang perlu dipertimbangkan terkait kelistrikan dan efisiensi energi dalam bidang industri. Efisiensi dalam bidang industri berkaitan dengan penghematan biaya listrik yang merupakan salah satu beban produksi terbesar dalam segi operasional. Menggunakan alat penghemat listrik terbaik dapat dijadikan solusi untuk optimasi beban biaya listrik. Sewatama hadir sebagai solusi dalam penghematan energi listrik industri. Mengawali bidang usaha dalam bidang penyewaan generator kelistrikan, perusahaan ini telah melebarkan sayapnya dalam bidang instalasi listrik dan konsultasi mengenai efisiensi listrik industri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *