Spare Part Sepeda Motor yang Perlu Diperiksa Sebelum Mudik

By | May 22, 2019

spare part

Melakukan pemeriksaan kondisi spare part sepeda motor merupakan salah satu hal rutin yang perlu kita lakukan. Terlebih lagi ketika kita akan menggunakan kendaraan tersebut untuk perjalanan jarak jauh seperti mudik misalnya. Seperti yang kita ketahui saat ini lebaran tinggal 2 minggu lagi dan tentunya bagi sebagian orang yang tinggal di perantauan saat ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan persiapan untuk mudik. Jika kita menggunakan kendaraan umum seperti bus atau kereta api maka kita paling tidak sudah mempersiapkan tiketnya. Sedangkan bagi yang menggunakan kendaraan sendiri seperti sepeda motor maka sebelum mudik yang harus dipersiapkan antara lain adalah menyiapkan motor yang akan dipakai agar bisa digunakan dengan baik saat perjalanan mudik nantinya. Dalam mempersiapkan kendaraan (sepeda motor) yang akan dipakai ini paling tidak ada beberapa bagian penting yang perlu kita periksa dan pastikan kondisinya masih bagus dan bisa berfungsi dengan optimal. Beberapa part penting yang perlu untuk kita periksa ini antara lain adalah :

  • Ban
    Ban merupakan salah satu part penting yang perlu diperiksa sebelum melakukan perjalanan jauh. Hal ini keberadaan ban sangat menentukan keamanan dan kenyamanan perjalanan kita. Dalam pemeriksaan ban ini ada beberapa yang perlu diperhatikan yakni tekanan udara dari ban tersebut, dan juga bentuk fisik dari ban tersebut apakah masih grip gripnya masih berfungsi dengan baik atau sudah botak. Tentunya jika sudah botak maka sebaiknya ganti saja ban tersebut.
  • Sistem Pengereman
    Sistem pengereman dalam sebuah kendaaraan merupakan salah satu hal yang sangat penting karena sangat berpengaruh dengan keamanan dan keselamatan pengendaranya. Untuk sistem pengereman sepeda motor ini yang diperiksa selain dari pakem tidaknya rem yang ada juga perlu memeriksa kondisi dari minyak rem pada motor tersebut.
  • Sistem Penerangan
    Keberadaan lampu yang berfungsi dengan baik ini dibutuhkan sekali terutama jika kita melakukan perjalanan saat malam hari. Jadi sebelum mudik pastikan semua lampu yang ada pada sepeda motor berfungsi dengan baik. Pastikanlah lampu lampu yang ada masih hidup dan juga tidak redup. Jika ada salah satu atau lebih lampu yang sudah tidak berfungsi dengan baik maka kita bisa melakukan pergantian lampu dengan lampu yang sesuai baik jenis, ukuran maupun spesifikasinya.
  • Kelistrikan Sepeda Motor
    Untuk soal kelistrikan dari sepeda motor ini ada beberapa bagian yang perlu diperiksa dan dipastikan kondisinya masih baik. Misalnya saja untuk aki yang ada pada motor pastikan tegangannya masih sesuai dengan yang tertera pada body aki tersebut serta jika aki yang ada pada sepeda motor adalah jenis aki basah maka pastikanlah air akinya masih mencukupi untuk melakukan perjalanan jauh. Pastikan juga kabel kabel serta switching dan fuse serta perangkat kelistrikan lainnya berfungsi dengan baik.
  • Komstir
    Komstir yang berfungsi untuk menyeimbangkan, menstabilkan serta mengurangi gataran pada stang motor ini akan sangat berpengaruh terhadap nyaman tidaknya mengendarai sepeda motor. Karena itu pastikanlah melakukan pemeriksaan pada bagian komstir ini misalnya pemeriksaannya keselarasan sistem kemudi.n
  • Rantai dan Gir
    Agar nantinya saat di tengah perjalanan tidak terjadi gangguan seperti putusnya rantai dan yang sejenisnya maka pastikanlah sebelum mudik kita memeriksa kondis dari rantai sepeda motor kita.
  • Sistem Pelumasan Sepeda Motor
    Pastikan juga agar sistem pelumasan ini masih berfungsi optimal sebagaimana mestinya. Pastikan juga kondisi dari oli yang ada pada motor masih sesuai standar baik dari sisi viscositas maupun kekentalan dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *