Panduan Lengkap Tentang Bandwidth Hosting

By | July 1, 2019

Panduan Lengkap Tentang Bandwidth Hosting

Apakah anda pernah mendengar istilah Bandwidth hosting (BandHost)? Dikatakan bahwa BandHost pada umumnya adalah volume data yang dapat ditransfer setiap unit waktu. Untuk BandHost yang ditawarkan oleh pihak web hosting murah mempunyai berbagai kecepatan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Ketika Anda telah membeli Bandwidth dalam kecepatan besar, maka website anda nantinya akan saat mengupload atau mendownload pun juga akan semakin cepat.

Pengertian Badwidth Hosting

Kecepatan akses internet sekarang dapat diukur dengan bandwidth. Bandwidth bisa digunakan untuk mengukur kecepatan aliran data. Satuan dari bandwidth yaitu bit per second (bps). Karena bandwidth merupakan suatu ukuran dari banyaknya berbagai informasi yang dapat mengalir dalam satuan waktu tertentu, atau besarnya jumlah kapasitas koneksi internet untuk melakukan transfer data per detik.

Bandwidth ditentukan serta dipengaruhi oleh jumlah pengunjung, banyaknya halaman yang dikunjungi pengunjung, dan juga besarnya file yang diakses pengunjung pada sebuah website. Semakin sering website anda dikunjungi pengunjung, maka akan semakin berkurang juga kapasitas bandwidthnya. Dan jika kapasitas bandwidthnya telah habis, maka website anda tersebut sudah tidak dapat diakses lagi.

pengertian bandwidth hosting

Idwebhost

Bandwidth yang Berkaitan dengan Koneksi Internet

Secara umumnya, Bandwidth yang Anda dapatkan dari layanan web hosting mempunyai satuan yaitu bytes atau detik. Dengan adanya satuan tersebut, maka Anda pun dapat mengetahui jumlah input atau output (I/O) dari sebuah alat. Untuk contoh konkritnya yaitu sebuah modem mempunyai kecepatan maksimum sebesar 56 kbps, sedangkan untuk modem dengan menggunakan kabel mampu melakukan transfer data sampai kecepatannya mencapai 2,000-1,000 kbps.

Baca Juga : Mempelajari Tentang Bandwidth Test

Setidaknya, ada tiga faktor yang dapat mempengaruhi penggunaan Bandwidth Hosting, yaitu :

1. Tampilan dari sebuah website

Ketika Anda sudah mendapatkan web hosting murah dan website anda diakses oleh orang lain, maka Anda akan kehilangan Bandwidth sebesar halaman yang saat itu sedang dibuka tersebut. Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa sebuah website yang berisikan video dan juga gambar akan cenderung menghabiskan Band width lebih cepat dalam jumlah lebih besar dibandingkan dengan website yang berisikan tulisan.

2. Aktivitas upload dan download

Tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa proses upload dan download sebuah file nantinya akan dapat mengurangi ketersediaan Bandwidth hosting account Anda. Meskipun Anda telah mendapatkan Band width, pastikan bahwa anda untuk selalu menghemat dalam pemakaian Band width yang hanya akan anda lakukan pada saat diperlukan saja.

3. SMTP dan juga POP3

Jika Anda memakai email client seperti halnya pada microsoft outlook, maka pemakaian Bandwidth tentu sangatlah besar karena aktivitas ini berkaitan dengan proses menerima ataupun mengirim email. Tindakan attach file sekalipun juga ternyata dapat berpotensi mengurangi ketersediaan Band width account Anda loh.

Sering kali banyak user yang mengeluhkan jika Band width accountnya cepat habis. Hal ini dikarenakan Band width yang diperoleh dari layanan provider sangat berpengaruh pada kecepatan loadingnya, kecepatan penggunaan data, dan kecepatan membuka situs, serta juga kecepatan loading ataupun download. Berikut ini tips yang bisa Anda terapkan untuk dapat menghematnya.

Bandwidth yang Berkaitan dengan Koneksi Internet

Idwebhost

Tips untuk Menghemat Kapasitas Bandwidth Hosting

Bandwidth sendiri yaitu jumlahnya transfer data yang berasal dari hosting atau website. Karena Band width yang didapatkan dari provider tersebut dianggap mempunyai kedudukan tertentu seiring dengan kapasitasnya, maka sering kali Bandwidthnya akan berkurang ketika Anda melakukan akses ke internet. Tidak mengherankan jika sampai saat ini Band width sendiri mempunyai kapasitas yang terbatas, sehingga Anda perlu untuk melakukan penghematan atas Band width hosting.

Baca Juga : Mengungkap Teka-Teki Bandwidth

Untuk dapat menghemat kapasitas Bandwidth, berikut tiga tips yang bisa Anda praktekkan :

1. Encoding zip

Setelah Anda membeli Bandwidth lalu Anda yang ingin untuk menghemat Band width account, anda bisa mencoba menerapkan langkah encoding zip. Tindakan ini dapat dilakukan dengan cara manual dan tentu sangat mudah yaitu dengan anda menambahkan encoding yang berbentuk zip pada header website. Cara lain dapat dilakukan melalui file .htaccess sehingga akan memberikan keuntungan pada website berupa proses loading yang lebih ringan.

2. Metode catching

Untuk dapat menghemat Bandwidth account, Anda dapat melakukan metode catching. Jenis metode ini dilakukan dengan cara membuat sebuah file baru dalam bentuk website sehingga akan berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja dari css atau javascript menjadi cenderung minimal. Kondisi semacam ini akan berdampak pada kemudahan pengunjung yang tidak lagi untuk memuat ulang website yang pernah dibuka sebelumnya.

3. Compress CSS, image dan javascript

Jika memang Anda ingin dapat menghemat Bandwidth, anda perlu melakukan compress pada file css, gambar dan javascript anda. Anda bisa mencari software online pengkompress tersebut di internet secara gratis. Barulah anda dapat mengupload file yang telah dikompress tersebut supaya untuk menghemat band width anda.

Mungkin Anda pernah mendengar tentang adanya Bandwidth tidak terbatas atau unlimited yang ditawarkan oleh layanan web hosting murah. Padahal, secara faktanya Band width yang besar akan memakan banyak sumber daya pada server seperti halnya memori hingga hardisk.

SMTP dan imap serta juga POP3 pada bandwidth hosting

Idwebhost

Jika seorang pelanggan memakai Bandwidth secara berlebihan melebihi batasnya, maka pelanggan tersebut akan mendapatkan penalty yaitu tindakan penutupan akunnya tanpa ada kompensasi apapun dari perusahaan penyedia layanan. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa perusahaan tersebut telah membatasi pemakaian Band width dalam kegiatan sehari-hari.

Lantas, seberapa besar Bandwidth dari provider yang sebenarnya Anda perlukan untuk setiap bulannya? Kebutuhan akan besarnya Band width ini juga tergantung dari masing-masing orang. Jika Anda tidak melakukan aktivitas live streaming atau memiliki berbagai media file yang besar, 10GB cukup untuk keperluan anda yang bisa dijadikan sebagai pilihan.

Penutup

Bagi Anda yang memang ingin mendapatkan sebuah layanan web hosting murah, Anda bisa mengunjungi situs IDwebhost pada laman layanan web hosting terbaik yang nantinya akan memberikan penawaran yang menarik bagi Anda. Meskipun begitu, Anda harus berhemat dalam pemakaian Band width dan jangan lupa untuk memakainya hanya pada saat dibutuhkan saja.

IDwebhost akan secara rutin untuk terus membagikan berbagai artikel menarik lainnya yang berkaitan dengan bisnis terkini dan pengembangan website. Semoga artikel kali ini dapat membantu anda dan semoga bisnis anda sukses ya!

 

Leave a Reply