Mengukur Keberhasilan Blog Bagi Target Digital Marketing

By | August 30, 2016
seberapa20pentingkah20s.png
Blog adalah salah satu media yang banyak digunakan bagi para pengusaha untuk melancarkan strategi digital marketing. Berbagai usaha dilakukan agar blog mendapatkan banyak visitor sehingga informasi-informasi yang Anda sediakan mengenai produk atau bisnis yang Anda jual semakin banyak diketahui. Masalahhnya adalah bagaimana Anda bisa mengetahui usaha yang sudah Anda lakukan cukup dan bisa membuat pengguna internet yang sudah pernah mengunjungi blog Anda kemudia kembali dan kembali. Karena tentu saja informasi yang diberikan harus selalu diupdate dan disampaikan kepada para visitor, jadi Anda harus yakin visitor akan terus kembali ke blog Anda. Bagaimana caranya mengetahui blog Anda sukses disukai orang?
 
Indikator bounce rate dan average session duration
 
Bounce rate adalah indikator yang menunjukkan seberapa banyak visitor yang hanya membuka satu halaman pada blog Anda kemudian menutup page alias kabur. Sedangkan average atau avg. session duration adalah lamanya seseorang membuka halaman blog Anda dalam satu sesi, yang biasanya satu sesi dihitung selama 30 menit. Semakin rendah bounce rate blog Anda, maka tandanya semakin banyak orang yang suka dengan konten blog Anda, sedangkan semakin rendah avg. session duration blog Anda, maka tandanya visitor enggan berlama-lama membuka blog Anda karena alasan-alasan tertentu. Kedua indikator ini bisa menjadi ukuran awal untuk melihat performa dan pengaruh blog Anda bagi visitor.
 
Banyaknya komentar
 
Jumlah komentar bisa menjadi indikator banyaknya pengguna internet yang menjadi visitor Anda, jika yang dihitung adalah komentar yang benar-benar valid. Maksudnya adalah komentar yang ditulis adalah bentuk respon dari konten blog yang diposting, bukan hanya untuk promosi link blognya sendiri atau bahkan spam. Semakin banyak komentar blog yang berisi maka semakin banyak pula orang yang tertarik dengan isi blog Anda.
 
Jumlah sharing konten
Berapa banyak visitor yang kemudian menyebarkan konten blog Anda juga bisa menjadi ukuran seberapa suksesnya blog Anda di mata visitor. Sharing yang dilakukan oleh visitor ke media sosial masing-masing akan semakin menambah kemungkinan Anda untuk mendapatkan visitor dan juga konsumen potensial. Maka dari itu buatlah blog Anda semenarik mungkin dan  memberikan user experience yang baik bagi para visitor agar blog Anda bisa disukai dan lebih banyak menjaring konsumen dari visitor-visitor yang datang.
Sumber : Stucel – Digital Agency Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *