Kelebihan dan Kekurangan Rem ABS

By | December 22, 2018

ABS

ABS merupakan salah satu istilah di bidang otomotif yang mungkin sudah sering kali kita dengar. Namun mungkin banyak juga diantara kita yang belum benar benar paham apakah itu abs dan apa pula fungsinya serta apa kelebihan dan kekurangannya. Nah pada artikel ini saya akan sedikit membahas mengenai abs tersebut.

ABS atau anti lock braking system merupakan salah satu teknologi pada bidang pengereman yang telah diterapkan pada berbagai jenis kendaraan termasuk juga sepda motor.  Dengan system abs ini maka saat terpaksa melakukan pengereman secara mendadak tidak akan terjadi penguncian roda. Dan seperti yang kita ketahui jika ban yang terkunci bisa membahayakan karena ban jadi kehilangan daya gripnya  sehingga sulit dikendalikan dan beresiko jatuh karena sepeda motor jadi oleng.

Tentu saja teknologi pengereman dengan sistem ABS ini memiliki sejumlah kelebihan dan juga kekurangan. Untuk kelebihan kelebihan dari penggunaan sistem pengereman abs ini diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Sepeda motor akan relatif stabil meskipun melakukan pengereman mendadak karena dengan menggunakan teknologi anti lock braking system roda tidak terkunci.  Jadi ban tidak akan kehilangan traksi dan motor masih bisa dikendalikan, tidak akan jatuh karena ban slip
  • Bagus saat digunakan pada medan yang berupa jalanan rata

Di samping mempunyai sejumlah keunggulan sama seperti teknologi teknologi lainnya buatan manusia sistem pengereman abs ini juga memiliki beberapa kekurangan. Beberapa kelemahan dari sistem pengereman abs ini diantaranya adala sebagai berikut :

  • Kurang cocok untuk digunakan pada jalanan yang tidak rata.
  • Jika melakukan pengereman pada jarak dekat ada kemungkinan bisa terjadi tabrakan
  • Karena menggunakan sensor maka jika sensor abs mengalami gangguan maka kierja dari sistem pengereman juga menjadi tidak maksimal. Ganguan yang terjadi pada sensor abs ini misalnya saja adalah sensor terkena air saat melewati jalanan yang basah.
  • Harga sepeda motor yang sudah menggunakan rem abs ini bisa dikatakan relatif lebih mahal jka dibandingkan jenis motor yang masih menggunakan sistem pengereman biasa.
  • Tidak cocok digunakan untuk penggunan motor balap di sirkuit

Komponen pada sistem pengereman abs
Pada sistem pengereman abs salah satu komponen utama yang harus ada adalah sensor abs yang berfungsi untuk membaca kecepatan putaran roda dari sepeda motor. Di samping sensor komponen utama dari sstem pengereman secara abs ini adalah katup pengereman yang berfungsi untuk mengatur tekanan dari minyak rem. Biasanya ada 3 buah katup yang mengatur tekana minyak rem ini. Bagian lain dari sistem abs adalah pompa dan juga kontroler abs. Pompa (ABS pump) berfungsi untuk mengembalikan tekanan di jalur pengereman yang bisa diantarkan ke katup rem. sedangakan kontroler abs adalah sebagai otak dari sistem ini yakni sebagai  perangkat “processing unit” untuk mengatur kapan waktunya, berapa lama interval katup terbuka dan tertutup. Selain itu, ABS control module ini juga mengatur kapan ABS pump harus bekerja.

Untuk jenis dan tipe sepeda motor yang menggunakan rem dengan sistem anti lock braking system ini saat ini sudah cukup banyak jumlahnya.  Sebagian besar sepeda motor tipe terbaru sudah mulai menerapkan sistem ini. Untuk pabrikan yamaha sendiri beberapa sepeda motor yang sudah menggunakan sistem abs diantaranya adalah yamaha freego dan yamaha lexi. Motor motor ini merupakan produk yamaha yang bisa dibilang masih baru karena di rilis dan diluncurkan tahun ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *