Peralatan yang Perlu Dibawa Saat Perjalanan Jauh dengan Mobil

By | December 24, 2018


Tak terasa akhir tahun sudah hampir tiba. Saat akhir tahun sekarang ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya juga diwarnai liburan panjang apalagi anak-anak sekolah pun juga sedang liburan semesteran. Saat liburan yang cukup panjang ini tidak ada salahnya jika kita manfaatkan untuk melakukan perjalanan yang cukup jauh misalnya saja berwisata atau bahkan pulang kembali ke kampung halaman kita  menggunakan kendaraan sendiri.

Namun tentunya sebelum melakukan hal-hal tersebut kita harus terlebih dahulu mempersiapkan berbagai hal, mulai dari persiapan fisik hingga persiapan kendaraan yang akan digunakan serta peralatan dan barang apa saja yang akan dibawa. Mengingat saat ini sudah masuk musim hujan maka saat kita melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan kendaraan sendiri, dalam hal ini mobil maka ada beberapa hal yang harus dibawa. Beberapa hal tersebut misalnya:

Pompa Angin

Meskipun kita sudah mempersiapkan diri jauh jauh hari dan sebelum melakukan perjalanan telah mengecek kondisi mobil dan mobil masih dalam keadaan baik, namun tidak menutup kemungkinan jika kemudian di tengah jalan mobil mengalami gangguan seperti ban kempes misalnya. Kita tidak akan pernah tahu kapan hal ini akan terjadi maka sebaiknya untuk berjaga jaga jika ban kempes siapkanlah pompa angin yang bisa kita pakai sewaktu waktu. Pompa yang kita bawa ini tidak harus yang berukuran besar. Bisa saja kita membawa pompa mini asalkan memang mampu digunakan untuk memompa ban mobil. Selain pompa tidak ada salahnya juga jika kita membawa dongkrak dan ban serep yang mungkin diperlukan di tengah perjalanan.

Tool Kit

Kita tidak akan tahu jika sewaktu-waktu mobil yang kita bawa akan mengalami gangguan maka sebaiknya sebelum melakukan perjalanan jauh sediakanlah tool kit. Tool kit ini bisa terdiri aneka macam kunci, obeng, tang, dan beberapa peralatan perbaikan mobil  lainnya yang dirasa perlu untuk dibawa dan bisa digunakan untuk memperbaiki kondisi gangguan mobil dalam keadaan darurat.  

Kabel Jumper

Kabel jumper ini akan berguna jika aki yang ada di mobil mengalami gangguan entah itu aki tekor atau sebagainya. Nah saat itu kita bisa menggunakan kabel jumper ini untuk mendapatkan listrik dari aki mobil lain.

Roof Box

Jika kita membawa barang dalam jumlah yang cukup besar maka akan lebih baik menggunakan roof box yang bisa kita pasang di atap mobil bagian luar. Tentu saja jenis roof box yang kita gunakan ini harus menyesuaikan dengan mobil yang kita pakai sehingga tidak menghambat jalannya mobil. Gunakanlah roof box yang tidak mengganggu gaya aerodinamis dari mobil sehingga mobil masih bisa melaju dengan baik meski di atasnya dipasangi roof box.

GPS atau Alat Navigasi Lainnya

Jika kita belum begitu hafal jalan yang menuju tempat tujuan kita sehingga takut tersasar maka bawalah alat navigasi. Memang sih alat navigasi ini belum 100 persen akurat. Namun hal ini tentunya lebih baik dibandingkan jika tidak membawa sama sekali. Jika kita tidak mempunyai alat navigasi native maka kita pun bisa menjadikan smartphone kita alat navigasi namun hal ini sangat dipengaruhi kuat tidaknya jaringan seluler sepanjang perjalanan Anda.

Charger

Perjalanan yang memakan waktu cukup lama tentunya membuat telepon dan aneka perangkat lain yang kita bawa akan kehabisan baterai di tengah perjalanan sehingga ada baiknya jika kita membawa charger.

Peralatan P3K

Karena kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di tengah perjalanan, maka membawa kotak P3K ini sangat perlu. Apalagi saat ini sedang memasuki musim hujan yang terkadang menyebabkan kita terserang beberapa penyakit seperti flu dan yang sejenisnya.

Makanan

Meskipun di sepanjang jalan yang kita lewati nantinya banyak penjual makanan namun membawa makanan sendiri adalah pilihan yang bijak. Dengan membawa makanan sendiri maka kita bisa makan makanan yang terjamin kebersihan dan kesehatannya. Di samping itu kita juga bisa terhindar dari ulah beberapa penjual nakal yang sering mematok harga yang sangat mahal untuk makanan yang dijualnya.

Leave a Reply