Kelebihan dan Kekurangan Belanja di Toko Online

By | April 27, 2019

Toko Online

Seiring dengan perkembangan aman, sekarang ini belanja di toko online sudah menjadi hal yang sangat wajar dan banyak kita jumpai. Hal ini tida terlepas dari perkembangan dunia belanja online itu sendiri. Sampai saat ini mungkin sudah ada jutaan atau bahkan lebih jumlah toko online yang ada dan tersebar di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Barang barang yang dijual di toko online juga beragam dari mulai barang barang remeh seperti tutup gelas hingga barang barang dengan teknologi mutakhir seperti laptop gaming bisa kita dapatkan secara online melalui toko online.

Banyaknya orang yang berbelanja di toko online tentunya juga karena sejumlah keunggulan yang ditawarkan dari berbelanja secara online itu sendiri. Beberapa keunggulan yang bisa kita dapatkan saat melakukan kegiatan belanja secara online tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Praktis, saat kita belanja online maka kita hanya perlu membuka web dari toko online yang kita tujua atau membuka aplikasi jika memang toko online tersebut memiliki aplikasi. Tentunya hal ini sangat mudah untuk kta lakukan, berbeda jika kita ingin berbelanja secara offline di toko ataupun supermarket yang ada di kota kita. Saat akan berbelanja secara offline seringkali kita dipusingkan oleh beberapa hal bahkan sebelum kita berangkat belanja. Misalnya saja saat belanja offline kita harus memikirkan akan menggunakan kendaraan apa, apakah nanti di jalan macet atau tudak, apakah hujan atau panas dan lain sebagainya.
  • Bisa dilakukan di mana saja, Berbelanja secara online bisa kita lakukan di mana saja kita berada selama daerah kita tersebut terkoneksi dengan internet serta toko online tempat kita aan belanja melayani pengiriman sampai ke daerah kita. Jadi anda tidak perlu heran jika cukup banyak orang yang ada di pelosok desa seperti saya bisa melakukan transaksi belanja online dengan mudah.
  • Bisa dilakukan kapan saja, mengingat sejumlah toko online selalu buka 24 jam maka kita bisa memilih barang dan membelinya kapan saja kita mau. Jadi misanya kita merupakan orang yang sangat sibuk di siang hari dengan aneka pekerjaan sehingga tida sempat untuk belanja maka kita masih bisa membeli apa yang kita butuhkan melalui toko online bahkan ketika suda memasuki tengah malam. Ya namun tentunya pemrosesan transaksi dan pengiriman barang tida langsung bisa dilakukan saat itu juga sih.
  • Lebih cepat, saat belanja entah itu secara offline maupun online biasanya kita sering membandingkan antara barang sat dengan yang lain, toko satu dengan yang lain baik dari segi harga maupun yang lainnya. Jika kita melakukannya di offline tentunya akan cukup banyak waktu ayng etrbuang untuk mondar mandir dari satu toko ke toko yang lain. Namun saat kita melakukannya di online hal tersebut akan dengan muda kita lakukan kerena saat inipun suda ada cukup banyak web perbadningan harga yang membandingkan harga barang antara toko satu dengan yang lain dalam waktu yang singkat beberapa menit atau bahkan detik saja.

Namun tentunya di samping memiliki sejumlah kelebihan, berbelanja di toko online juga memiliki beberapa kekurangan. Beberapa kekurangan tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Barang tidak sesuai, karena kita tidak mencoba barang secara langsung maka kadangkala barang yang kita beli ini tidak sesuai degan apa yang kita bayangkan. Ketidaksesuaian ini bisa berupa ukuran yang tidak sesuai, bentuk, bahan maupun warna yang tidak sesuai. Oleh karena itu penting sekali membeli di toko online yang jujur dan terpercaya dan kalau memungkinkan tidak ada slahnya memilih toko online yang melayani COD ke tempat kita.
  • Ongkir, salah satu problem yang sering dihadapi oleh pembeli online apalagi yang di luar pulau adalah mahalnya ongkos kirim yang arus ditanggung. Apalagi dengan naiknya harga tiket pesawat beberapa waktu yang lalu yang tentu saja berpengaruh dengan ongkir barang yang dikirim melalui jalur udara. Bahkan tak jarang ada pembeli yang harus membayar ongkir yang besarnya bahkan melebihi dari harga barang yang dibelinya. Karena itu jika memungkinkan pilihlah toko online yang memberikan subsidi ongkir atau pili toko online yang lokasinya tida terlau jauh dari tempat tinggal kita sehingga biaya kirim tidak terlau mahal.

Leave a Reply