Cegah Osteoporosis Dengan Minum Air Alkali

By | August 1, 2019

Osteoporosis disebabkan oleh menurunnya tingkat kepadatan tulang, dan bisa jadi disebabkan oleh bertambahnya usia. osteoporosis terjadi pada semua orang, namun ada beberapa orang yang lebih berisiko dan lebih cepat mengalami kondisi ini bila dibandingkan dengan orang lain. Saat muda, tulang manusia beregenerasi dengan cepat serta berada dalam kondisi padat dan kuat. Namun seiring bertambahnya usia, tulang lama tidak segera tergantikan dengan tulang baru dan tidak lagi bertumbuh. Hal ini membuat tulang secara perlahan menjadi lebih rapuh. Sehingga kepadatan tulang menjadi semakin berkurang dan menjadi lemah, keropos, dan lebih rentan retak.

Osteoporosis dapat disebabkan oleh banyak faktor, dan faktor tersebut juga dapat dipengaruhi oleh jenis kelamin. Pada wanita, hormon estrogen dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Namun yang terjadi setelah menopause adalah penurunan kadar estrogen dalam tubuh yang turut mengakibatkan penurunan kepadatan tulang secara drastis. Dan jika kadar testosteron pada pria rendah, maka hal tersebut dapat mengakibatkan risiko osteoporosis yang meningkat. Selain itu, osteoporosis juga dapat disebabkan bila Anda mengonsumsi minuman keras berlebihan dan mengonsumsi obat-obatan seperti glukokortikoid atau obat-obatan steroid selama lebih dari tiga bulan.

Penanganan osteoporosis mengutamakan langkah-langkah untuk menghindari penderita jatuh maupun mengalami keretakan. Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk terhindar dari penyakit ini. Dimulai dari menjaga tubuh Anda agar tetap bugar dan sehat dengan olahraga dan mengatur pola makan. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi air alkali. Fungsi air alkali bagi kesehatan sangatlah banyak, termasuk membantu pencegahan osteoporosis. Menurut hasil penelitian yang diungkapkan dalam sebuah jurnal Bone pada tahun 2009 bahwa mengonsumsi air alkali memiliki hubungan yang erat dengan proses resorpsi tulang. Resorpsi tulang adalah pemecahan sel-sel tulang lama menjadi sel-sel tulang baru. Semakin sedikit pemecahan sel-sel tulang yang terjadi, ditambah lagi dengan kepadatan mineral yang lebih banyak, maka tulang Anda justru semakin kuat. Para ahli menemukan bahwa fungsi air alkali dalam tubuh yang kaya akan bikarbonat dan kalsium dapat bermanfaat untuk membantu menghambat proses resorpsi tulang sehingga tulang Anda tetap kuat dan sehat.

Leave a Reply