Ingin Punya Website? Ketahui Perbedaan Domain dan Hosting

By | August 31, 2020

Sumber: Dibuat oleh Stephen Phillips Unsplash.com

Masih banyak orang awam yang belum memahami tentang perbedaan domain dan hosting. Kedua hal tersebut sangat penting untuk membuat sebuah website. Sebuah website tidak akan bisa dibuat, apabila konsumen hanya membeli domain saja.

Sedangkan konsumen yang hanya membeli hosting tanpa adanya gratis domain, maka website juga tidak akan bisa ditelusuri oleh Google. Fungsi keduanya tidak bisa saling dipisahkan, sehingga harus selalu ada untuk membuat sebuah website.

Pengertian Domain

Domain adalah alamat website yang dipakai setiap kali pengunjung ingin mendatangi sebuah website. Sebuah nama domain berperan sangat penting dalam kemudahan akses oleh penelusuran Google. Nama domain tersebut mirip fungsinya dengan alamat IP pada perangkat yang bisa terhubung dengan jaringan internet.

Setiap kali sebuah perangkat ingin mengakses suatu website maka komputer akan mengirimkan alamat IP menuju ke server tempat data disimpan. Website akan bisa diakses dengan menggunakan alamat IP yang berupa deretan angka sebagai kamu pengenal suatu perangkat. Nama domain sebuah website jarang sekali yang menggunakan angka, sehingga sangat berbeda dengan IP.

Nama domain yang terdiri atas angka sangat sulit untuk diingat oleh pengunjung dan membuat traffic menjadi kurang efisien. Hindari saja memilih nama domain berupa angka dan sangat disarankan untuk menggunakan huruf saja.

Bisa dikatakan bahwa nama domain adalah alamat dari sebuah website.
Domain itu sendiri memiliki dua jenis, seperti gTLD dan ccTLD. Jenis gTLD tidak memiliki persyaratan apapun dan bersifat global. Contoh dari ekstensi gTLD adalah .com, .net, .org. 

Selanjutnya adalah domain yang menunjukkan negara Indonesia dan pengaturannya dilakukan oleh PANDI. Beberapa contoh dari ekstensi ccTLD domain id, misalnya .co.id, .my.id, .id, dan lain sebagainya.
Menggunakan domain cctld memiliki sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi dan tentunya persyaratan tersebut dibuat oleh PANDI. Seluruh penggunanya tersebut memiliki jangka waktu langganan minimal 1 tahun. Menggunakan layanan domain website hanya bisa dipakai oleh 1 pengguna dan tidak bersifat booking. Pembayaran harus dilakukan sebelum jatuh tempo atau nama domain yang bisa digunakan oleh orang lain.

Baca juga : cara wordpress login

Pengertian Hosting

Hosting adalah suatu tempat yang dipakai untuk meletakkan data website. Menggunakan hosting memungkinkan untuk seluruh pengunjung dapat mengunjungi website. File yang ada dalam website akan disimpan dalam sebuah server hosting. Server hosting tersebut akan bekerja selama 24 jam, sehingga siapa pun bisa mengunjungi website dimanapun dan kapanpun.
Apabila sebuah hosting mengalami server down untuk sementara waktu website tidak akan dapat diakses. Itulah mengapa konsumen harus menggunakan hosting dengan garansi uptime sampai dengan 99, 9%. Kamu diharapkan untuk menggunakan control panel berupa cPanel hosting untuk kemudahan akses.

Hosting dengan control panel berupa cPanel lebih mudah untuk dipahami, karena memang sudah populer digunakan dalam dunia website untuk membuat subdomain, hosting web, domain forwarding, mengelola kapasitas hosting, dan lain sebagainya.

Membeli Domain dan Hosting di Domainesia

Kamu tidak akan bisa hanya membeli domain saja untuk membuat sebuah website. Perlu untuk membeli sebuah hosting untuk meletakkan file website. Apabila belum memiliki domain dan hosting, maka disarankan untuk membeli hosting dengan layanan gratis domain. Pastikan kamu untuk membeli hosting terpercaya hanya di Domainesia untuk bisa mendapatkan layanan hosting tertentu dengan gratis domain.

Ada banyak paket posting yang bisa Kamu pilih mulai dari yang terjangkau sampai dengan yang kualitas tinggi. Hosting dengan harga paling terjangkau adalah paket Extra. Pada paket tersebut sudah terdapat kapasitas penyimpanan data,  unlimited bandwidth, 5 buah website, dan unlimited email.
Sedangkan paket dengan harga sedikit diatas paket Extra adalah Super. Pada paket ini konsumen bisa mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, unlimited bandwidth, unlimited website, unlimited email, gratis domain tertentu, dan akses SSH. Sebagian besar orang menggunakan paket Super.

Kamu yang memerlukan paket eksklusif bisa menggunakan paket Monster. Tentunya ada banyak sekali keunggulan yang ditawarkan pada paket ini daripada kedua paket sebelumnya. Beberapa fitur dari paket paling eksklusif ini adalah kapasitas penyimpanan tertinggi, unlimited bandwidth, unlimited website, unlimited email, gratis domain tertentu, akses SSH.

Apabila kamu sudah membeli hosting dengan gratis domain ataupun tanpa domain, maka kamu bisa memilih ekstensi domain khusus di Domainesia. Beberapa ekstensi yang eksklusif bisa kamu beli dengan harga yang berbeda-beda dan daftarnya bisa kamu lihat melalui bagian Domain .com murah . Contoh ekstensi eksklusif untuk sebuah domain adalah .io, .lol, .ink, .blog, .media, dan lain sebagainya. Sebagian besar ekstensi domain eksklusif digunakan oleh perusahaan besar yang skalanya mencapai nasional maupun internasional. Apabila kamu kebingungan dalam mencari ekstensi domain yang cocok untuk website, maka kamu bisa berkonsultasi dengan tim Domainesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *