Penyebab dan Cara Mencegah Rayap Masuk Ke Rumah Kita

By | August 8, 2020

Rayap merupakan salah satu binatang hama yang keberadaannya sangat sering merugikan manusia. Sangat banyak bangunan terutama yang terbuat dari kayu yang rusak akibat dimakan rayap atau ada juga orang yang kehilangan dokumen penting gara gara rayap memakan kertas dokumen tersebut. Bahkan belum lama ini sempat viral ada orang yang menyimpan uang hingga jutaan dan dimakan rayap.

Karena demikian merugikannya keberadaan rayap ini maka penting bagi kita untuk bisa mencegah adanya rayap yang masuk atau berada di sekitar tempat tinggal kita. Untuk melakukan upaya pencegahan agar rayap tak masuk ke rumah kita maka ada baiknya jika kita tahu apa penyebabnya terlebih dahulu.

Secara umum penyebab rayap masuk ke rumah adalah karena kondisi lingkungan dari tempat tinggal kita. Misalnya saja tempat tinggal kita tidak bersih dan banyak kayu kering  tidak terpakai yang berserakan maka hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab adanya rayap yang datang. Tanah di sekitar rumah yang kondisinya gembur juga seringkali dipakai oleh rayap untuk bersarang dan berkembang biak sehingga koloni yang ada makin banyak jumlahnya. Udara yang terlalu lembabpun juga bisa menjadi salah satu sebab datangnya rayap ke tempat kita ini.

Nah setelah kita tahu penyebab penyebab tersebut maka kita bisa mulai melakukan upaya pencegahan masuknya ratap ke tempat tinggal kita. Beberapa upaya pencegahan yang bisa dilakukan misalnya saja adalah

  • Senantiasa menjaga kebersihan rumah kita jangan sampai ada sampah baik itu kayu maupun bahan lainnya yang sejenis yang bisa dimakan rayap berserakan.
  • Menjaga agar rumah tidak terlalu lembab kondisinya. Seperti yang kita ketahui rayap memang cukup suka tinggal di tempat yang lembab karena itu penting bagi kita untuk mengupayakan agar rumah kita tidak lembab dengan memperbanyak ventilasi yang ada di rumah, menjemur perabotan yang terbuat dari kayu agar tidak lembab dan lain lain.
  • Menutup retakan yang ada di rumah baik itu di lantai maupun dinding karena di situ umumnya rayap bisa bersarang.
  • Jika memang memiliki furniture atay perabot yang terbuat dari kayu sebaiknya jangan kontak langsung dengan tanah
  • Sering periksa keadaan tanah dan bagian bagian dari rumah yang memungkinkan dijadikan sarang koloni rayap.

Jika berbagai upaya pencegahan tersebut sudah kita lakukan akan tetapi masih saja rayap masuk dan merusak maka kita perlu melakukan upaya pembasmian rayap. Untuk melakukan hal ini kita bisa melakukannya sendiri maupun menggunakan jasa pengendali hama yang ada di daerah kita. Misalnya saja untuk anda yang bertempat tinggal di daerah malang bisa menggunakan jasa pembasmi rayap malang dari fumida.

Untuk menggunakan jasa dari fumida ini anda bisa menghubungi mereka di nomor hp 0822-1123-1123 yang aktif 24 jam. Setelah menghubungi fumida anda bisa berkonsultasi tentang pengendalian atau pembasmian rayap ini. Fumida juga akan survei lokasi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *