Hal yang Diperhatikan untuk Merancang Badan Karoseri

By | March 12, 2020

Ketika memiliki fuso maka perlu memahami beberapa istilah seperti kerb weight yang merupakan jumlah berat kabin dengan chassis. Terdapat fuel tank yang berisi bahan bakar, cairan pendngin dan oli secara penuh pada bagian dalam. Terdapat ban cadangan untuk dimasukkan dalam kerb weight yang menjadi kesatuan truk. Selain itu, perlu mengetahui karoseri dalam merancangnya sehingga sesuai dengan kondisi truk yang digunakan.

 Berikut adalah hal yang diperhatikan ketika merancang karoseri untuk mitsubishi fighter terbaru diantaranya:

  • Cab to end merupakan jarak dari bagian belakang ke kabin hingga ujung belakang kendaraan semakin panjang cab to end maka semakin besar karoseri panjang, wheelbase merupakan jarak dari sumbu roda yang berpengaruh dengan dimensi body kendaraan dan rear over hang merupakan julur belakang yang membuat dimensi karoseri lebih besar.
  • Engine transmission yang mampu memberikan tenaga untuk mampu membawa banyak muatan maka pastikan engine transmission sesuai kebutuhan sehingga kendaraan bsinsi tidak kekurangan maupun kelebihan tenaga.
  • Perhatikan gross vehicle weight yang diizinkan, pastikan tidak melebihi dari dimension supaya tetap sesuai dengan peraturan dan tidak bermasalah selama perjalanan.
  • Axle ratio merupakan komponen berpengaruh ketika berada di tanjakan dan membawa muatan, rasio yang tepat akan mengonsumsi bahan bakar dengan efisien ketika ditanjakan dan tidak membuat keterlambatan dalam pengiriman selama perjalanan menanjak.

 Selain itu, perhatikan posisi center of gravitation ketika merancang karoseri yang diperhitungkan dengan teliti sehingga kendaraan tetap seimbang ketika berjalan. Ketika merancang karoseri maka pastikan sesuai dengan syarat administrasi. Persyaratan administrasi yang diperlukan adalah dengan memiliki SKRB sehingga tidak perlu bermasalah dengan KIR, SRUT dan STNK. Pengemudi juga diwajibkan memiliki SIM B untuk mampu beroperasi di jalanan.

 Medium duty truck merupakan salah produk KTB fitur lengkap sebagai fuso sehingga akan memudahkan dalam penggunaannya. Mesin MTD menggunakan 220 PS, 240 PS dan 270 PS dan common rail dengan kontrol ECU dan saat ini sudah diintegrasikan menggunakan B30. Untuk lebih lengkapnya dapat mengunjungi https://ktbfuso.co.id/product-category/2/medium-duty.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *