Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja

By | September 21, 2020

Dalam bekerja di suatu perusahaan, tentu tidak akan selamanya Anda bekerja. Ada saat-saat tertentu Anda haru izin tidak masuk kerja baik karena sakit maupun karena izin pergi. Biasanya, perusahaan memiliki atura untuk karyawan yang tidak masuk kerja, misalnya dengan membuat surat izin tidak masuk kerja. Cara membuat surat izin tidak masuk kerja ini bisa dilakukan dalam waktu beberapa menit.

Ada pula orang yang tiba-tiba harus izin tidak masuk kerja dikarenakan oleh urusan yang sifatnya mendadak. Misalnya orang tua atau anak sakit, urusan keluarga yang cukup mendesak, dan sebagainya. Walaupun mendadak tetapi Anda tetap harus mengirim surat izin pada atasan. Dalam membuat surat izin ini tentu bisa dilakukan sendiri di rumah dengan mudah.

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja dengan Benar

Dalam membuat surat izin tidak masuk kerja yang ditujukan pada atasan sebaiknya tidak menggunakan kalimat yang bertele-tele, langsung ke intinya dan gunakan bahasa yang baik dan sopan. Berikut ini cara membuat surat izin bagi Anda yang tidak masuk kerja :

1. Buat Tanggal Izin Kerja

Anda juga harus membuat keterangan dari tanggal izin kerja tersebut, agar atasan Anda tahu bahwa di hari itu Anda memang tidak bekerja. Tim HRD juga biasanya akan mencatat tanggal tidak masuk kerja tersebut. Cantumkan dengan jelas tanggal tidak masuk kerja di surat izin. Pada hari Anda tak masuk kerja, pekerjaan Anda pun bisa dihandle oleh karyawan yang lain.

(Sumber: https://bukuwarung.com/surat-izin-tidak-masuk-kerja/)

2. Menyebutkan Identitas dengan Jelas

Ketika membuat suatu surat izin tidak bekerja pastikan juga Anda sudah mencantumkan data diri Anda dengan jelas dan detail. Mulai dari nama lengkap, nomor induk, jabatan atau di divisi mana Anda bekerja. Tujuannya supaya HRD bisa membuat data ulang tentang surat izin yang Anda buat.

Tujuan lainnya supaya tidak ada kesalahan dalam mencantumkan nama atau data diri karyawan. Apabila ada nama yang sama dengan Anda, bisa saja nomor induk karyawannya disalahgunakan.

3. Sebutkan Alasan Izin Tidak Masuk Kerja Tersebut

Bagian yang penting dalam membuat surat izin tak masuk kerja adalah menyebutkan alasannya. Dalam menyebutkan alasan tersebut, nantinya akan menjadi pertimbangan bagi atasan apakah alasannya bisa diterima atau tidak. Anda juga harus menyebutkan alasan yang benar dan logis, dan tidak dibuat-buat.

Pastikan juga Anda membuat surat izin yang sifatnya resmi dan tidak seperti jenis surat non formal.

4. Waktu Izin Tidak Masuk Kerja

Selain alasan tak masuk kerja, Anda juga harus menyebutkan waktu izin tidak bekerja tersebut. Maka beritahukan dengan jelas di dalam surat tersebut, berapa lama Anda tidak masuk kerja. Hal ini juga akan menegaskan bahwa selama masa tersebut Anda memang tidak akan bekerja.

Tujuan dari waktu tidak masuk kerja ini juga supaya tim HRD bisa mengetahui tugas apa saja yang harus Anda buat nantinya. Tugas tersebut ditinggalkan selama Anda tidak masuk kerja, maka setelah masuk kerja tim HRD akan mendata kembali tugas apa yang perlu dikerjakan.

Cara membuat surat izin tidak masuk kerja ini bisa dibuat dalam waktu cepat. Kemudian surat izin ini bisa disampaikan langsung ke bagian HRD atau ke atasan.

Dalam membuat laporan atau keterangan mengenai pemasukan dan pengeluaran keuangan secara pribadi, rumah tangga atau perusahaan, kini bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Gunakan aplikasi laporan keuangan BukuWarung yang mudah dipahami dan fiturnya lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *