Karakteristik Aplikasi gaji untuk Memudahkan Administrasi

By | September 23, 2020

Di era serba digital, menghitung gaji karyawan tak perlu menggunakan sistem manual. Kini, proses payroll dapat didukung dengan adanya aplikasi gaji. Aplikasi slip gaji terbukti memudahkan perhitungan gaji dan menghemat waktu yang diperlukan setiap bulan.

Namun, banyak yang belum mengetahui bagaimana karakteristik aplikasi gaji yang baik dan dapat memudahkan administrasi. Berikut hal-hal yang dapat Anda pertimbangkan.

Urusan Administrasi dalam Satu Direktori

Aplikasi membantu Anda mengorganisasikan keseluruhan urusan administrasi karyawan dalam satu direktori. Keseluruhan rekaman data serta dokumen tertata dalam satu aplikasi terpusat yang tertata dengan rapi serta mudah dicari.

Hal ini juga memudahkan perusahaan ketika terdapat audit perusahaan atau menyelesaikan urusan administratif perpajakan yang perlu dibayarkan kepada negara. 

Aktualitas Data Penggajian Karyawan

Aplikasi gaji juga harus mempermudah data serta laporan penggajian karyawan. Apabila sebelumnya laporan diselesaikan secara manual oleh staff payroll, dengan aplikasi data selalu terupdate otomatis.

Dengan demikian, data administrasi maupun laporan payroll karyawan menjadi lebih cepat, serta aktualitas data gaji bisa lebih terjamin.

Kecepatan dan Keakuratan Aplikasi Gaji

Menurut National Small Business Association, 20% HR menghabiskan 3 hingga 5 jam per bulan hanya untuk menyelesaikan urusan administratif secara manual. 

Oleh karena itu, ketika bisnis akan beralih dengan software payroll, aplikasi harus sudah teruji kecepatan dan perhitungannya yang akurat. Dapat diuji dengan pencobaan gratis dari penyedia aplikasi, agar memastikan apakah software memiliki akurasi yang baik dalam menghitung gaji pegawai. 

Tentu, perhitungan aplikasi gaji yang lambat dan tidak akurat membuat staff payroll tetap harus melakukan pengecekan ulang. Pilihlah aplikasi yang speed loading-nya cepat dan hasilnya akurat.

Kemudahan bagi Pengguna Aplikasi

Aplikasi gaji harus memberikan kemudahan bagi penggunanya (user-friendly). Kemudahan tersebut terdiri dari penggunaan fitur, user-interface, hingga gaya bahasa yang umum dan mudah dipelajari dalam waktu cepat.

Ketika penggunaan aplikasi menjadi rutinitas, pastikan aplikasi juga mudah dan fleksibel untuk diakses baik secara mobile maupun web. Hal tersebut akan berefek secara signifikan dalam penghematan waktu HR dan finance.

Hindari penggunaan aplikasi yang cara kerjanya sulit dipahami. Alih-alih meringankan proses administrasi, tetapi justru menghambat jalannya kegiatan bisnis Anda. 

Fitur yang Memenuhi Kebutuhan Perusahaan

Banyak penyedia aplikasi yang menghadirkan software atau aplikasi gaji dengan fitur yang bervariasi dan menjanjikan kemudahan. Akan tetapi, Anda harus memastikan bahwa berbagai fitur tersebut sejalan dengan kebutuhan perusahaan.

Software yang tepat adalah yang mendukung sistem perhitungan gaji di perusahaan Anda dengan teknologi otomatis. Selain itu, pertimbangkan juga software yang menawarkan fitur yang terintegrasi satu sama lain, seperti payroll dan absensi.

Hindari biaya berlangganan serta maintenance tinggi tanpa fitur lengkap untuk proses payroll di perusahaan. Terlebih yang membuat Anda harus memiliki sejumlah aplikasi untuk proses administrasi.

Program Aplikasi Gaji yang Selalu Diperbarui

Program aplikasi diharuskan untuk selalu update terhadap regulasi payroll di Indonesia, karena aturan cenderung mengalami perubahan setiap tahun. Baik secara penggajian maupun secara perpajakan, perusahaan tak perlu khawatir terkena sanksi atau denda administratif.

Transparansi Gaji kepada Karyawan

Sistem dalam aplikasi juga perlu memberikan kemampuan transparansi. Seringkali, karyawan kurang memahami mekanisme payroll perusahaan. Contohnya, tentang metode yang digunakan perusahaan dalam menghitung PPh 21 karyawan. 

Jika karyawan kurang memahami atau bahkan perlu melewati prosedur panjang untuk mendapatkan slip gaji, kemungkinan akan berujung ke tingkat retensi atau loyalitas. Untuk itu, transparansi diperlukan dalam sistem penggajian.

Beberapa karakteristik di atas membuat perusahaan lebih mudah dalam memilih aplikasi gaji online terbaik. Seperti Talenta, software gaji terbaik yang memenuhi segala ciri dan mampu menjadi solusi administrasi penggajian yang lebih optimal bagi perusahaan Anda.

Selain urusan gaji, Talenta juga memberikan fitur database karyawan, pengelolaan absensi, sakit & izin, cuti & lembur, hingga kalkulasi BPJS dan pajak penghasilan karyawan. 

Ingin tahu bagaimana Talenta memudahkan urusan administrasi perusahaan Anda? Hubungi Talenta atau coba demo gratis Talenta, biar Anda yang menilai bagaimana mudahnya payroll bersama Talenta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *