Tips Pemakaian Komputer yang Baik untuk Kesehatan

By | October 13, 2016
workstation_405747_640.jpg
Di jaman yang modern seperti sekarang ini banyak orang yang menghabiskan banyak waktunya di depan komputer. Tidak peduli mereka anak-anak atau orang tua. Berbagai macam kegiatan sekolah juga tidak luput dari penggunaan komputer. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan manusia dan tingkat efisiensi waktu yang begitu tinggi untuk menunjang pekerjaan mereka. namun dibalik penggunaan komputer ini, Apakah Anda mengetahui tips pemakaian komputer yang paling baik untuk kesehatan Anda? salah menggunakan komputer dalam waktu yang lama dapat membuat Anda mengalami berbagai gangguan seperti gangguan mata, kepala, hingga leher. Selain itu menggunakan komputer ini juga bisa menyebabkan stress fisik.
Pasti Anda tidak ingin mengalami hal tersebut bukan? ada beberapa tips sehat untuk menggunakan komputer. Pertama ialah lingkungan yang rapi, tenang dan bersih. Faktor lingkungan ialah faktor yang begitu penting untuk menunjang agar berbagai macam kegiatan Anda tidak ada gangguan apapun. Bila lingkungan yang Anda gunakan rapi dan bersih, secara otomatis nantinya Anda juga lebih tenang dan rileks untuk melakukan berbagai macam pekerjaan. Bayangkan jika lingkungan Anda dipenuhi dengan setumpuk kertas kotor dan suara bising. Bisa dipastikan bila pekerjaan Anda akan sangat terganggu hanya karena faktor lingkungan tersebut.
Kedua, perhatikan seperti apa posisi duduk yang Anda gunakan sepanjang hari. Posisi duduk yang tepat ketika menggunakan komputer ialah dengan cara menegakkan punggung sehingga leher dan kepala berada sejajar dengan tubuh Anda. hindari duduk dengan posisi miring atau membungkuk karena posisi duduk ini dapat menjadi kebiasaan yang kurang baik.
Tips pemakaian komputer yang ketiga ialah beristirahat secara periodik. Tidak dianjurkan untuk menggunakan komputer sepanjang hari tanpa istirahat. Kebiasaan ini dapat membuat badan Anda terasa pegal di bagian punggung. Berikut berbagai macam gerakan yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi rasa pegal, antara lain:
  • Pemanasan. Sebelum melakukan peregangan otot, Anda dapat melakukan pemanasan terlebih dulu. Anda hanya perlu duduk di kursi dan meregangkan jemari Anda,
  • Kepalkan tangan dengan kuat dan kemudian lepaskan. Ulangi cara ini sebanyak 3 kali,
  • Tengokkan kepala ke kiri dan ke kanan dengan perlahan,
  • Istirahatkan mata. Hindari bekerja di depan monitor secara terus menerus karena dapat membuat mata Anda menjadi lelah.
Berikutnya, buat posisi mouse dan keyboard mudah untuk dijangkau. Tempatkan keyboard dan mouse ini di tempat yang mudah dijangkau. Agar proses mengetik Anda nyaman, Anda dapat melihat tips berikut, antara lain:
  • Letakkan mouse dan juga keyboard dekat dengan tangan sehingga Anda mudah menjangkaunya,
  • Posisi keyboard usahakan lurus dengan lengan Anda sehingga Anda akan lebih nyaman,
  • Posisikan keyboard lebih rendah dibandingkan dengan meja. Bila Anda tidak dapat memposisikannya lebih rendah dibandingkan dengan meja, Anda dapat menaikkan ketinggian kursi Anda,
  •  Pegang mouse dengan rileks.
Terakhir posisikan monitor Anda di tempat yang nyaman. Sebaiknya, posisi dari monitor ini diletakkan dengan letak yang sejajar dengan mata sehingga nantinya Anda akan lebih mudah berhadapan dengan monitor komputer. Jangan melihat layar monitor dengan kepala yang berpaling. Bila monitor Anda menggunakan monitor tabung, Anda dapat memasang filter yang berada di layar monitor agar nantinya bisa menghindari radiasi yang terlalu berlebihan pada monitor Anda, monitor tabung masih mempunyai tingkat radiasi yang tinggi, namun bila Anda sudah menggunakan LCD Anda tidak perlu menggunakan filer.
Temukan perlengkapan dan aksesoris terbaik untuk komputer anda melalui puluhan review produk terbaik di portal review . Disini anda bisa menemukan berbagai review barang elektronik termasuk komputer dan perlengkapannya. Situs ini akan membantu anda menemukan barang yang dicari berdasarkan berbagai review. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply