Perkembangan Bayi 7 Bulan

By | February 17, 2019

perkembangan bayi

Fase perkembangan bayi dari waktu ke waktu merupakan hal penting yang sebaiknya diperhatikan oleh setiap orang tua. Hal ini karena perkembangan sesorang ketika bayi akan memiliki pengaruh dengan perkembangan mereka di masa masa selanjutnya. Jika perkembangan saat bayi terhambat maka tidak menutup kemungkinan di masa masa selanjutnya tumbuh kembang mereka juga akan terhambat. Karenanya sebagai orang tua sebaiknya terus memantau perkembangan bayinya dan juga tahu bagaimana tumbuh kembang bayi dari waktu ke waktu. Orang tua juga sebaiknya tahu hal apa yang baik diberikan kepada bayi baik itu makanan, mainan mauoun yang lainnya pada bayi agar tumbuh kembangnya menjadi maksimal. Tentu saja hal yang diberikan kepada bayi ini juga harus menyesuaikan dengan umurnya. Misalnya saja bayi yang berusia 7 bulan maka berikanlah hal yang memang sesuai untuk bayi seusianya.

Bayi yang sudah memasuki usia 7 bulan akan mengalami pertumbuhan yang cukup banyak baik itu dari segi fisik, motorik, kecerdasan maupun sisi emosi dan kemampuan sosialnya. Dari sisi fisik misalnya banyak bayi berumur 7 bulan ini yang sudah mulai tumbuh giginya. Tentu saja ada juga bayi yang giginya sudah tumbuh sejak sebelum berumur 7 bulan maupun sebaliknya. Tentu saja tumbuhnya gigi ini harus disikapi dengan bijak oleh orang tua. Saat bayi mulai tumbuh gigi biasnya mereka akan mengalami rasa gatal di gusinya sehingga seringnya mereka memasukkan tangan ataupun benda lainnya ke dalam mulut mereka. Untuk itu sebaiknya orang tua menyiapkan teether yakni mainan yang bisa digigit oleh bayi dan merangsang pertumbuhan gigi bayi. Pastikan juga teether yang dipegang oleh bai ini selalu dalamkeadaan bersih sehingga tidak membahayakan kesehatan bayi. Perkembangan fisik pada bayi umur 7 bulan ini juga bisa kita lihat dari bertambahnya berat badan dan juga panjang / tinggi dari bayi. Agar perkembangan bayi pada usia 7 bulan ini bisa optimal maka tidak ada salahnya jika selain memberikan ASI kepada bayi orang tua juga memberikan MPASI atau makanan pendamping asi kepada bayi. Tentu saja MPASI yang dipilih ini sebaiknya yang sesuai dengan umur dari bayi dan memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi.

Untuk segi perkembangan motorik yang dialami oleh bayi yang berusia 7 bulan ini cukup bervariasi ada bayi 7 bulan yang sudah bisa mulai merangkan adapula yang baru bisa berguling saja. Tentu saja agar kemampuan anak atau bayi dalam hal motorik ini bisa terus berkembang maka sebagi orang tua harus memberi aneka rangsangan motorik yang bermanfaat untuk perkembangan kecerdasan motorik mereka. Disamping itu agar saat anak merangkak bisa dalam kondisi aman maka pastikanlah lantai yang digunakan untuk merangkak ini berada dalam kondisi bersih dan tidak ada benda berbahaya yang ada di sekitarnya. Anak umur 7 bulan ini biasanya juga sudah mampu untuk menggenggam benda benda seperti cangkir maupun gelas bayi dengan cukup baik.

Bayi yang sudah memasuki usia 7 bulan juga sudah berkembang secara emosionalnya. Misalnya saja mulai timbulnya rasa cemas pada bayi ketika ditinggalkan oleh orang tuanya. Untuk itu ada baiknya ketika anank atau bayi akan tidur orang tua sebaiknya menemaninya sehingga bayi lebih mudah tidur. Tak sedikit bayi umur 7 bulan yang sudah bisa berkomunikasi dengan mengeluarkan kata kata sederhana seperti ma- ma atau pa -pa misalnya.

 

 

Leave a Reply