Mau Mudik Menggunakan Kendaraan Pribadi? Persiapkan Hal Hal Berikut Ini

By | March 20, 2021

Tidak terasa Idul Fitri 2021 tinggal kurang dari 2 bulan lagi. Berbagai persiapan untuk menyambut idul fitri ini sudah banyak orang lakukan termasuk juga persiapan untuk mudik. Karena saat ini masih pandemi maka tentunya salah satu persiapan mudik ini adalah dengan menyiapkan kendaraan yang aman dipakai saat mudik di kala pandemi masih terjadi.

Bisa dibilang mudik menggunakan kendaraan sendiri bisa jadi merupakan salah satu cara mudik paling aman di saat pandemi seperti sekarang ini. Dengan menggunakan kendaraan pribadi tentunya kita bisa meminimalisir terjadinya kontak dengan orang lain yang bisa saja menyebarkan virus. 

Tak hanya itu saja, saat kita menggunakan kendaraan pribadi kita juga bisa bebas menentukan kapan akan berangkat dan kapan beristirahat saat di jalan. Atau dengan kata lain mudik menggunakan kendaraan pribadi ini lebih fleksibel sifatnya.

Namun tentunya agar perjalanan mudik dalam rangka Idul Fitri 2021 ke kampung halaman menggunakan kendaraan pribadi bisa tetap aman dan menyenangkan ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan sebelum berangkat mudik. Persiapan ini meliputi persiapan fisik, persiapan kendaraan dan persiapan barang yang akan dibawa.

Untuk persiapan fisik pastikan saat akan berangkat mudik menggunakan kendaraan sendiri kondisi tubuh kita harus benar benar sehat. Apalagi jika kita adalah yang mengemudikan kendaraan tersebut. Tak ada salahnya juga jika kita mudik dengan mengajak orang lain yang bisa mengemudikan mobil sehingga jika nantinya di perjalanan kita mengalami kelelahan atau ngantuk bisa gantian menyetir.

Hal selanjutnya yang perlu kita persiapkan sebelum mudik adalah kendaraan yang akan dipakai. Pastikan mobil yang akan dipakai dalam kondisi yang bagus dan siap dipakai untuk perjalanan jarak jauh. Untuk mengetahui kesiapan mobil ini bisa dilakukan pengecekan pada mobil. Beberapa bagian utama mobil yang perlu dicek diantaranya adalah kondisi mesin, rem, lampu, ban, stir, kelistrikan dan beberapa bagian penting lainnya.

Pastikan bagian bagian mobil tersebut masih berfungsi dengan baik. Misalnya saja untuk mesin mobil pastikan masih lancar beroperasi dan bisa digunakan dalam waktu lama. Demikian juga untuk stir mobil pastikan masih terasa enak untuk digunakan. Dan terkait dengan ban mengingat saat ini hujan masih cukup sering turun pastikan kondisi ban sesuai baik itu dari segi kembangannya maupun tekanan udaranya. Karena kondisi dari ban ini akan sangat mempengaruhi keamanan dan kenyamanan selama kita berkendara. Dan saat hujan bagian lain yang juga memiliki fungsi cukup penting adalah wiper. Pastikan wiper masih bisa bekerja dengan optimal.

Bagian dari mobil lain yang sangat mempengaruhi keamanan yakni rem juga diperlukan pengecekan. Sebelum berangkat pastikan rem mobil masih berfungsi dengan baik demikian juga dengan minyak remnya pastikan masih cukup dan dalam kondisi baik.

Lampu mobil serta sistem kelistrikan mobil juga tak kalah pentingnya untuk kita cek kondisinya. Pastikan lampu masih menyala dengan tingkat penerangan yang cukup. Dan untuk sistem kelistrikan pastikan tidak ada hubung singkat (konslet) serta aki masih dalam kondisi yang bagus (tidak tekor).

Setelah kendaraan siap dan dalam kondisi bagus kita juga perlu mempersiapkan barang barang apa saja yang akan kita bawa. Beberapa barang penting yang perlu untuk kita bawa misalnya bekal makanan dan minuman, uang, serta peralatan peralatan darurat untuk perbaikan mobil misalnya aneka kunci pas, obeng, tespen, kunci sok, soket kabel dan lain sebagainya. Dan mengingat saat ini sedang musim hujan perlu juga jika kita membawa jas hujan atau payung sehingga saat keluar dari mobil tidak basah karena hujan.

Selain persiapan di atas kita juga perlu merencanakan perjalanan mudik ini dengan baik. Diantara perencanaan ini misalnya adalah rute yang akan ditempuh untuk sampai ke kampung halaman, apakah di perjalanan akan berhenti menginap atau tidak, dan jika memutuskan menginap akan menginap dimana dan lain sebagianya harus benar benar kita rencanakan dengan baik agar perjalanan mudik lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *