Doa – Doa Para Nabi Di Dalam Al Quran

By | September 19, 2021

Untuk menyampaikan Risalah-Nya kepada manusia, Allah Azza wa Jalla mengutus para Nabi dan Rasul di setiap masanya. Nabi dan Rasul merupakan manusia pilihan Allah yang memiliki misi untuk memberi petunjuk kepada umat manusia tentang keesaan Allah, dan membimbing manusia untuk melaksanakan semua ajaran-Nya.

Nabi dan Rasul diutus untuk menjadi panutan dan suri tauladan bagi umatnya. Dan kita sebagi umatnya wajib mencontoh setiap perilaku Nabi dan Rasul setiap aktivitasnya, baik cara beribadah maupun bermuamalah atau cara berinteraksi dengan manusia dan lingkungan sekitarnya.

Selain itu, kita juga bisa mengamalkan doa-doa yang diajarkan oleh para Nabi dan Rasul. Ada banyak doa Nabi dan Rasul yang diabadikan di dalam Al Quran. Berikut beberapa doa-doa para Nabi di Al Quran :

  1. Doa Nabi Yunus

Saat sedang menjalankan misi dakwahnya sebagai seorang Nabi, Nabi Yunus menerima cobaan dari Allah subhana wa Ta’ala. Dimana, Nabi Yunus ditelan ikan paus dan terkurung hidup-hidup di dalam perut ikan raksasa selama beberapa hari.

Dalam kondisi yang sangat mencekam dan genting itu, ia menyadari bahwa tidak ada yang bisa menyelamatkan dirinya kecuali Allah subhana wa Ta’ala. Lalu Nabi Yunus pun memanjatkan doa. Adapun doa Nabi Yunus berbunyi :

Artinya : “Tidak ada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim.” (QS. Al-Anbiya : 87).

  1. Doa Nabi Adam

Diceritakan Nabi Adam dan Hawa melakukan kesalahan serta mengakui kesalahannya tersebut. Usai memakan buah buah yang dilarang Allah Subhana wa Ta’ala, lalu Nabi Adam bermunajat memohon ampunan pada Allah Subhana wa Ta’ala, yang berbunyi :

Artinya : “Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang merugi.” (QS. Al-A’raf : 23).

  1. Doa Nabi Nuh

Ada banyak doa-doa yang dipanjatkan oleh Nabi Nuh ‘alaihis salam yang diabadikan di Allah di dalam AL Quran. Berikut beberapa doa Nabi Nuh :

Artinya : “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu untuk memohon kepada-Mu sesuatu yang aku tidak mengetahui (hakikatnya). Kalau Engkau tidak mengampuniku, niscaya aku termasuk orang yang merugi.” (QS. Hud : 47).

Artinya : “Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkahi dan Engkau adalah sebaik-baik pemberi tempat.” (QS. Al-Mu’minun : 29)

Artinya : “Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku dan siapapun yang memasuki rumahku dengan beriman laaki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkanlah bagi orang-orang yang zalim itu selain kehancuran.” (QS. Nuh : 28).

  1. Doa Nabi Ibrahim

Ada banyak doa-doa yang dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim ‘alaihis salam yang diabadikan di Allah di dalam AL Quran. Nabi yang disebut bapaknya para Nabi ini merupakan tokoh di balik pembangunan Ka’bah (Baitullah) bersama anaknya, Ismail. Berikut beberapa doa Nabi Ibrahim ‘alaihis salam :

Artinya : “Ya Tuhan kami, terimalah (amal) dari kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui. Ya Tuhan kami, jadikanlah kami orang yang berserah diri kepada-Mu, dan anak cucu kami, umat yang berserah diri kepada-Mu dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara melakukan ibadah kami terimalah taubat kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Penerima taubat, Naha Penyayang.” (Al. Baqarah : 127-128).

Artinya : “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan sholat, ya Tuhan kami, terimalah doaku. Ya Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua orang tuaku dan orang-orang yang beriman pada hari diadakan perhitungan (hari kiamat).” (QS. Ibrahim : 40-41).

Artinya : “Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku ilmu dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang sholeh.” (QS. As-Syua’ra’ : 83-85).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *