Berbagai Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

By | November 13, 2019

Daun Sirih

Sirih merupakan salah satu tanaman merambat khas Indonesia. Oleh orang tua terdahulu, daun sirih sendiri sering dikunyah bersama dengan tembakau, kapur, pinang, dan gambir. Selain itu, tanaman dengan nama latin piper betle ini juga sering dimanfaatkan khususnya dibidang kesehatan. Sirih dikenal mampu menghilangkan bau tak sedap. Sirih juga sering digunakan untuk mencegah keputihan.

Selain itu, masih banyak manfaat lain dari sirih. Berikut pembahasanya.

Kandungan Zat Pada Daun Sirih

Sebelum membahas manfaat daun sirih, terlebih dahulu kita bahas tentang kandungan zat pada daun sirih. Secara garis besar, kandungan daun sirih sendiri didominasi oleh air. Sekitar 85-90% daun sirih adalah air.
Selain kaya akan air, daun sirih juga memiliki kandungan zat lain seperti protein (3%/100 gram), Vitamin A (1,9-2,9mg/100 gram), Vitamin B1 (13-70mcg/100 gram), Vitamin B2 (1,9-30mcg/100 gram), Iodin (3,4mcg/100 gram), Asam Nikotinat (0,63-0,89mg/100 gram), Sodium (1,1-4,6%/100 gram), dan kandungan lainya.

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Seperti yang saya tulis diatas, bahwa daun sirih memiliki banyak khasiat khususnya untuk kesehatan. Berikut adalah informasi mengenai manfaat daun sirih untuk kesehatan.

1. Mengobati Keputihan

Keputihan merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi wanita. Keputihan sendiri akan sangat mengganggu, terutama ketika timbul rasa gatal dan bau tak sedap. Daun sirih bisa bermanfaat untuk mengobati keputihan. Caranya, cukup basuhkan air rebusan daun sirih pada organ intim. Daun sirih memilili kandungan antioksidan dan nutrisi yang bisa membunuh bakteri penyebab keputihan.

2. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Manfaat selanjutnya dari daun sirih adalah menurunkan tekanan darah, dan kolesterol. Tigliserida dan kolesterol tinggi, dapat memicu timbulnya berbagai penyakit berbahaya seperti stroke, hipertensi, dan sebagainya. Daun sirih bermanfaat untuk mengurangi trigliserida, dan kolesterol jahat. Cukup rebus 3-4 lembar daun sirih, dan minum dua kali sehari.

3. Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Mulut merupakan organ pertama dalam sistem pencernaan pada tubuh manusia. Mulut sendiri sangat rentan terkena bakteri. Akibatnya, bisa menyebabkan berbagai masalah pada mulut seperti sariawan, atau radang gusi. Daun sirih bermanfaat untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan bakteri. Daun sirih juga bisa mencegah gigi berlubang. Manfaat lain dari daun sirih adalah meningkatkan produksi air liur. Air liur sendiri bisa membantu membersihkan gigi dan gusi dari sisa makanan.

4. Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya, selain stroke dan serangan jantung. Ternyata, daun sirih dapat membantu mencegah kanker. Hal ini dikarenakan, daun sirih memiliki kandungan antioksidan eugenol yang bisa menangkal radikal bebas penyebab kanker.

5. Mengatasi Mimisan

Mimisan merupskan pendarahan yang terjadi pada area hidung. Sudah sejak lama daun sirih dimanfaatkan untuk mengatasi mimisan. Kandungan antioksidan tannin pada daun sirih bisa membantu mempercepat respon tubuh dalam menyembuhkan luka. Kandungan pada daun sirih juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa mempercepat penyembuhan luka dan peradangan.

6. Menghilangkan Jerawat

Jerawat adalah kondisi dimana folikel rambut tersumbat minyak dan sel kulit mati. Seiring berjalanya waktu, jerawat akan sembuh dengan sendirinya. Meskipun tidak mengganggu kesehatan, namun bagi sebagian orang, jerawat adalah sesuatu yang menggangu penampilan, dan mengurangi rasa percaya diri. Daun sirih dapat membantu menghilangkan jerawat. Cukup bersihkan area yang berjerawat, dengan air rebusan daun sirih.

Perlu diingat, jika anda mengidap kondisi tertentu, atau sedang dalam perawatan, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait, sebelum menggunakan daun sirih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *