Beberapa Tips Mencegah dan Mengatasi Kesemutan

By | June 21, 2022

Menjadi ibu rumah tangga adalah salah satu pekerjaan mulia yang bisa dipilih seorang wanita.Meski terkadang dianggap enteng ternyata menjadi seorang ibu rumah tangga yang sepanjang hari berada di rumah termasuk pekerjaan yang sebenarnya cukup berat. Bagaimana tidak pekerjaan ini tidak mengenal waktu. Dan bisa dibilang cakupan pekerjaan rumah juga sangat banyak dan beragam jenisnya. Mulai dari bersih bersih hingga memasak, mengasuh anak dan lain sebagainya semua dikerjakan.

Tentu saja pekerjaan yang dilakukan secara kontinyu ini bisa saja menyebabkan seseorang kelelahan bahkan mengalami kesemutan maupun kebas pada beberapa bagian tubuh seperti pada kaki dan tangan.

Dan rasa kesemutan ini juga bisa saja menyebabkan aktivitas kita terganggu sehingga pekerjaan tidak bisa diselesaikan dengan optimal. Selain itu timbulnya kesemutan pada bagian tubuh tertentu seringkali menjadi pertanda bahwa tubuh sedang tidak baik baik saja kondisinya.  Untuk itu kita perlu mengatasi timbulnya rasa kesemutan ini. Tentu saja untuk bisa mengambil tindakan tepat dalam mengatasi kesemutan ini terlebih dahulu kita perlu tahu apa itu kesemutan dan apa saja yang bisa menyebabkan kesemutan.

Kesemutan sendiri merupakan gangguan kesehatan yang pernah dialami oleh hampir semua orang. Gejala umum dari kesemutan ini adalah adanya rasa seperti ditusuk tusuk jarum pada bagian tubuh tertentu, disamping itu terkadang ada juga yang gejala kesemutannya  berupa hilangnya rasa/ mati rasa pada bagian tubuh tertentu. Kesemutan termasuk sebagai penyakit neuropati yakni penyakit / gangguan kesehatan yang terjadi pada saraf tubuh.

Penyebab kesemutan sendiri cukup beragam, mulai dari menggunakan pakaian yang terlalu ketat, salah posisi duduk atau tidur sehingga saraf tertekan, cedera pada saraf tertentu karena memaksakan diri melakukan pekerjaan yang terlalu berat, adanya pengaruh zat kimia tertentu hingga karena kekurangan vitamin neurotropik.

Setelah tahu penyebab penyebab dari penyakit neuropati seperti kesemutan ini maka kita bisa melakukan tindakan untuk mencegah maupun mengatasinya sesuai dengan kondisi yang ada. Beberapa langkah mencegah dan mengatasi penyakit neuropati ini antara lain dengan menerapkan pola hidup sehat baik dalam hal makanan, istirahat maupun kecukupan berolahraga. Untuk makanan ada beberapa jenis bahan makanan yang disarankan terutama bahan bahan makanan yang mengandung vitamin neurotropik yakni vitamin B1, B6 dan B12 seperti ikan salmon, daging sapi, almond, telur dan yang sejenisnya. Akan tetapi jika kita tidak ingin direpotkan dengan pengolahan bahan bahan tersebut kita juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin ini dengan mengonsumsi suplemen vitamin B1, B6 dan B12 seperti neurobion misalnya.

Tips lain yang bisa juga diterapkan untuk mencegah ataupun mengatasi kesemutan ini adalah dengan beraktivitas seperlunya, tidak perlu memaksakan diri untuk melakukan aktivitas tertentu jika memang kondisi fisik tidak memungkinkan. Beraktivitas seperlunya ini bukan berarti kita bermalas malasan, tetap saja kita perlu merutinkan diri untuk berolahraga agar bisa tetap menjaga kondisi tubuh.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas tentunya kita berharap agar rasa kesemutan yang dialami oleh seorang ibu bisa dicegah atau jika memang sudah terkena maka bisa diatasi. Dan dengan sembuhnya kesemutan ini maka ibu ibu bisa beraktivitas secara normal lagi untuk mengurus segala sesuatu yang ada di rumah dan menjadi seorang NeuroHero.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *