Beberapa Jenis Mesin Laminating Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Buka Usaha Laminating

By | September 3, 2021

Laminating merupakan salah satu upaya yang biasa dilakukan orang orang untuk melindungi dokumen terutama yang terbuat dari kertas. Perlindungan ini dimaksudkan agar kertas tidak mengalami kerusakan baik itu karena basah, tertekuk, terkena kotoran atau sebab sebab lainnya. 

Dan karena sampai saat ini kebutuhan akan dokumen cetak masih cukup tinggi tentunya kebutuhan akan laminating juga berbanding lurus. Dengan hal ini tentunya membuka peluang bagi kita untuk membuka usaha di bidang ini.

Tentunya untuk bisa membuka usaha di bidang laminating kita perlu berbagai peralatan. Dan diantara berbagai peralatan tersebut satu yang paling penting adalah mesin laminating. Mesin ini sendiri fungsinya adalah untuk melapisi kertas dokumen hasil cetakan dengan film plastik agar kertas terlindungi dari kotoran, cairan dan udara lembab.

Sebelum memutuskan untuk membeli mesin laminating ini tentunya kita harus tahu mesin laminating mana yang kira kira cocok untuk kita pakai. Perlu untuk diketahui di pasaran ada beberapa jenis mesin laminating dengan karakteristik dan kelebihan serta kekurangannya masing masing.

Secara umum jenis mesin laminating yang biasa dipakai di usaha percetakan dan laminating antara lain adalah sebagai berikut:

Mesin Laminasi Panas

Mesin ini bekerja menggunakan thermal atau panas untuk perekatan plastik film ke kertas yang akan dilaminasi. Pada umumnya proses laminasi menggunakan metode thermal laminasi ini tidak membutuhkan lem khusu. Meskipun umumnya harga dari mesin laminasi panas ini relatif lebih mahal akan tetapi memiliki beberapa kelebihan. Salah satu kelebihan itu yakni hasil laminasinya yang kuat dan tahan lama karena mesin laminasi panas akan mengepres plastik dengan kuat sehingga hasil akan tepat, kuat dan awet.

Mesin Laminasi Dingin

Mesin laminasi dingin biasa digunakan untuk melakukan laminasi dengan cara wet method. Mesin laminasi jenis ini bisa bekerja tanpa menggunakan panas. Dalam proses laminasinya metode ini menggunakan lem sebagai alat perekat plastiknya.

Mesin laminasi dingin mempunyai beberapa kelebihan salah satunya adalah harganya yang relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan mesin laminasi yang berbasi thermal (panas).

Mesin Laminasi Panas Dingin

Mesin ini bisa dibilang adalah mesin universal karena dalam satu mesin bisa digunakan untuk dua metode baik panas ataupun dingin. Biasanya mesin jenis ini memiliki ukuran yang cukup kecil. Untuk dokumen yang bisa dilaminasi dengan mesin laminating jenis ini cukup beragam mulai dari id card, KTP dan lain sebagainya.

Selain jenis mesin laminating hal lain yang mungkin juga perlu dipertimbangak dalam memilih mesin laminating ini adalah soal merk dan type dari mesin yang akan dibeli. Di pasaran ada beberapa merk mesin laminating dengan kualitas dan harga yang sangat beragam. Salah satu contoh merk mesin laminasi ini adalah Telson dengan berbagai varian dan seriesnya.

Untuk bisa mendapatkan berbagai jenis mesin laminating yang sesuai dengan kebutuhan kita bisa membelinya lewat maxipro. Lewat maxipro ini kita bisa membandingkan spek serta harga dari masing masing jenis mesin laminating yang ada. Untuk lebih lengkapnya anda bisa Lihat harga mesin Laminating Disini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *