3 Wisata Kultural di Yogyakarta

By | March 30, 2020

Penggemar budaya tradisional akan merasa dimanjakan selama berwisata di Yogyakarta. Banyak destinasi dan atraksi wisata, termasuk kulinernya, yang bernuansa tradisi Jawa tempo dulu. Diantaranya adalah 3 wisata kultural berikut ini.

Wayang Kulit, Wayang Golek, dan Gamelan

Pertunjukan wayang kulit di Yogyakarta digelar di beberapa tempat. Pertama di Sasono Hinggil Alun-alun Selatan di hari Sabtu kedua setiap bulannya, berlangsung dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore.

Sementara Musemum Sono Budoyo lebih sering mengadakan pertunjukan wayang kulit. Tiap hari Senin sampai Kamis, dan hari Sabtu, mulai jam 8 hingga 10 pagi.

Kamu juga bisa menyaksikan wayang kulit di Keraton Yogyakarta. Datanglah ke pelataran Sri Minganti di hari Sabtu, pertunjukan dimulai dari jam 10 pagi hingga tengah hari. Sedangkan di hari Rabu mulai jam 10 pagi ada pertunjukan wayang golek gratis. Kamu yang menyukai gamelan bisa menontonnya di hari Senin, Selasa, dan Kamis juga mulai jam 10 pagi.

Tari Tradisional Jawa

Pertunjukan sendratari Ramayana diadakan secara rutin di beberapa tempat. Ada sendratari Ramayana di Trimurti Theatre di Jl Raya Yogya Solo, Prambanan. Berlangsung selama bulan November sampai April hari Selasa, Kamis, Sabtu, jam 19.30-21.30.

Pertunjukan di ruang terbuka yang menyuguhkan cerita Ramayana yang lengkap berlangsung bulan Mei sampai Oktober hari. 3-4 kali seminggu mulai jam 19.30-21.30. Tiketnya cukup mahal tapi sepadan dengan pertunjukannya yang luar biasa.

Purawisata Theatre (Mandira Baruga) di Jl Brigjen Katamso setiap malam mempertunjukan tarian Ramayana. Berdurasi 1,5 jam, dimulai dari jam 20.00, harga tiket sudah termasuk makan malam. Cerita Ramayana dibagi menjadi 2 episode, yang diadakan pada malam berbeda.

Kalau kamu ke Keraton Yogyakarta di hari Minggu, mulai jam 10 pagi kamu juga bisa menonton pertunjukan tari tradisional gratis.

Belajar Membatik

Cukup banyak tempat untuk belajar membatik di Yogyakarta. Tentunya belajar dasar-dasarnya saja, karena untuk bisa mahir membatik butuh pengetahuan dan pengalaman yang panjang.

Kampung Batik Giriloyo di Imogiri selain menjadi sentra penjualan batik, juga mempunyai kelas batik untuk wisatawan. Belajar di sini tentu menyenangkan, desanya masih asri dan juga dekat dengan tempat wisata lain.

Sanggar Berani Usaha di Sleman mempunyai kelas singkat yang berlangsung sehari. Mereka juga membuka kelas batik tingkat lanjut dimana pesertanya dimotivasi untuk berani berwirausaha batik.

Museum Batik memamerkan kain-kain batik bernilai sejarah, juga peralatan batik yang digunakan dari jaman ke jaman. Museum ini juga mempunyai kelas membatik untuk wisatawan.

Batik Seno adalah galeri batik yang unik, kekhasan mereka adalah batik lukis. Pengunjung bisa melihat proses membatik bahkan bisa belajar membuat lukisan batik sendiri.Berwisata di Jogja makin lengkap jika ditunjang dengan transportasi yang nyaman. Salah satu jasa rental mobil Jogja yang direkomendasikan adalah OMOcars. Pilihan mobilnya beragam dengan pelayanan profesional, dan memudahkan kita sebab menyewa mobil di OMOcars tidak dikenakan uang jaminan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *