Tips Membeli Peralatan Rumah Tangga

By | June 21, 2016
peralatan_rumah_tangga.jpg
Jelang lebaran seperti sekarang ini seringkali kita membeli hal hal baru. Hal ini wajar saja mengingat di negeri ini lebaran selalu identik dengan yang serba baru. Mulai dari baju baru, gadget baru hingga peralatan rumah tangga pun baru. Memiliki peralatan rumah tangga baru tentu akan membuat pekerjaan kita di rumah semakin mudah. Namun hal ini terjadi jika kita tepat dalam membelinya. Jika kita asal asalan saja maka bisa jadi peralatan rumah tangga yang semula tujuannya dibeli untuk memudahkan pekerjaan malah jadi menyusahkan. Jika hal itu terjadi tentunya tidak menyenangkan bukan ? Oleh karenanya beberapa hal berikut ini perlu diperhatikan sebelum kita memutuskan untuk membeli peralatan rumah tangga baru.
1. Budget
Sebelum membeli sebuah peralatan kita perhatikan dulu budget yang ada apakah cukup atau tidak. dan peralatan yang akan dibeli apakah benar benar dibutuhkan atau tidak. Ya sering kita membeli sebuah peralatan rumah tangga hanya karena sekedar mengikuti keinginan saja atau hanya ikut ikutan orang lain yang membelinya hingga akhirnya peralatan tersebut tidak terpakai dan hanya menuh menuhin ruangan saja. Jadi mulai sekarang saat membeli segala sesuatu sebaiknya dipertimbangkan terlebih dahulu apakah memang kita butuhkan atau tidak.
2. Material Peralatan
Material atau bahan dari peralatan yang akan kita beli juga harus kita perhatikan, pastikan peralatan yang kita beli adalah peralatan yang terbuat dari bahan yang aman dan tidak membahayakan kesehatan.
3. Kualitas
Memilih peralatan dengan kualitas yang baik pada dasarnya adalah penghematan untuk jangka panjang. Mungkin saja di awal harganya agak lebih tinggi namun pada akhirnya peralatan ini relatif lebih awet asalkandigunakan secara wajar.
4. Cara Pembelian
Cara pembelian ini meliputi bagaiman peralatan rumah tangga tersebut akan dibeli, apakah secara offline atau online, secara tunai ataukah kredit. Untuk benda / peralatan yang rentan atau mudah pecah  sebaiknya dibeli secara offline demikian juga peralatan yang memiliki ukuran yang besar dan bobot cukup berat juga lebih baik dibeli secara offline saja untuk meminimalisir biaya ongkos kirim sedangkan yang selain itu bisa dibeli secara online, untuk pembelian secara online sendiri sebaiknya kita memilih membeli di toko online yang memang benar benar terpercaya dan mempunyai reputasi bagus. 
5. Desain
Agar peralatan yang kita beli tidak hanya menjadi sekedar alat saja tapi bisa juga sebagai pemanis ruangan perlu pula dipertimbangkan untuk membeli peralatan rumah tangga dengan desain yang unik. Untuk mendapatkan peralatan rumah tangga unik ini kita bisa memilih merk turbo.
6. Kompabilitas

kompabilitas.png
1024px-NEMA-AC-Power-Plugs.jpg


Untuk peralatan yang menggunakan sumber tenaga listrik perlu juga diperhatikan kompabilitas atau kesesuaian antara spesifikasi yang ada di peralatan dengan listrik yang ada di rumah kita. Seperti yang kita ketahui listrik yang umumnya dipakai di negara kita adalah 220 volt 50 Hz sedangkan untuk di beberapa negara ada yang memakai 110 v, jadi saat membeli peralatan terutama buatan asing  kita harus memastikan terlebih dahulu spesifikasinya sesuai dengan listrik yang ada di rumah kita atau kita akan membutuhkan peralatan penyesuai tegangan yang tentunya menambah biaya dan juga keribetan. Kompabilitas untuk peralatan listrik ini juga termasuk bentuk dari steker (colokan) yang harus sesuai dengen stop kontak yang ada di rumah.
7. Dimensi / Ukuran
Perlu juga diperhatikan adalah ukuran dari peralatan yang akan dibeli. Jangan sampai kita membeli peralatan yang ukurannya tidak sesuai dengan yang semestinya. Sebaiknya ukuran peralatan yang kita beli menyesuaikan juga dengan besar ruang di dalam rumah yang kita tempati.

Nah, demikianlah tadi sedikit tips yang ada baiknya anda perhatikan agar peralatan yang akan anda beli  benar benar mendatangkan kemanfaatan dan meringankan pekerjaan rumah tangga anda. Semoga bermanfaat dan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *