Mengenal Apa Itu Montessori dan Manfaatnya Untuk Perkembangan Kecerdasan Anak

By | April 6, 2024

Umur 3 hingga 5 tahun merupakan salah satu fase penting dalam kehidupan seorang anak. Pada rentang umur tersebut sel sel otak anak berkembang sangat cepat sehingga bisa menerima dan menyimpan informasi dalam jumla cuup banyak. Dan kecerdasan seseorang akan sangat dipengruahi dengan perkembangan kecerdasan ketika berada di usia 3 hingga 5 tahun.

Karena itu sebagai orang tua kita sebaiknya berusaha sebaik mungkin untuk mengoptimalkan kecerdasan anak di usia usia tersebut. Selain memberikan makanan dan minuman dengan nutrisi yang tepat dalam jumlah cukup, kita juga perlu menggunakan metode tertentu untuk meningkatkan berbagai kecerdasan yang dimiliki anak baik itu kecerdasan kognitif, motorik, emosional, kecerdasaan sosial dan lain sebagainya.

Ada beberapa cara belajar untuk anak usia dini yang bisa kita pakai. Dan salah satu metode yang cukup populer dan banyak dipakai adalah metode montessori. Tak hanya di Indonesia saja metode ini juga suksed diterapkan di berbagai belahn dunia lainnya.

Lalu apa sih sebenarnya metode montessori itu dan bagaimana cara penerapannya? simak tulisan singkat di bawah ini untuk tahu lebih jauh tentang montessori.

Montessori adalah sebuah metode pendidikan yang ditemukan oleh seorang dokter dari italia yakni Dr. Maria Montessori pada abad ke 19. Metode montessori ini bertujuan membantu anak untuk mencapai potensinya dalam kehidupan. Metode ini menekankan pada kemandirian dan keaktifan anak dengan konsep pembelajaran langsung melalui praktik dan permainan kolaboratif.

Dalam penerapan metode montessori ini berfokus pada perkembangan utama seorang anak. Dengan kata lain guru hanya berperan sebagai fasilitator saja sehingga siwa atau anak anak usia dini ini diupayakan harus belajar secara mandiri.  Dengan begitu anak akan menjadi kreatif dalam mneyelesaikan setiap problem yang mereka hadapi. Tak hanya melatih kemandirian saja metode seperti ini juga akan memantik rasa kerjasama antar anak dalam mengerjakan sesuatu. Dengan kata lain kecerdasan sosial seorang anak juga akan berkembang dengan menggunakan metode montessori ini. Hal ini tentu menjadikan metode pembelajaran montessori efektif dalam meningkatkan berbagai kecerdasan yang dimiliki oleh anak.

Originally posted 2022-03-14 03:06:25.