Hati-hati dalam Beraktivitas, Ibu Hamil Perlu Melakukan Hal Berikut

By | December 11, 2019

Ibu hamil perlu berhati-hati dalam menjalani aktivitas sehari-harinya. Sebab, fase kehamilan merupakan hal yang menentukan bagi seorang ibu dan juga bagi janin yang ada didalam kandungannya. Disamping memenuhi kebutuhan Nutrisi dan Multivitamin Ibu Hamil, ibu hamil juga perlu memperhatikan beberapa hal seputar kehamilan yang sangat penting. Berikut ini beberapa diantaranya.

Hindari beberapa makanan berikut

Selama kehamilan, seorang ibu perlu memperhatikan betul asupan nutrisi yang dikonsumsinya sehari-hari. Sebab, dari nutrisi yang dikonsumsi sehari-hari itulah tumbuh kembang janin akan terjaga dan kesehatan sang ibu juga akan terjaga. Pilihlah makanan yang bernutrisi tinggi dan menyehatkan tubuh. Selain itu, terdapat pula beberapa makanan yang perlu dihindari karena cenderung berbahaya bagi sang ibu dan sang janin. Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Makanan setengah matang : sushi, steak, telur setengah matang
  • Makanan laut dengan kandungan merkuri yang tinggi : tuna, tongkol
  • Kopi
  • Rokok
  • Minuman beralkohol

Posisi tidur yang baik saat hamil

Pada awal masa kehamilan, ibu hamil mungkin belum merasakan perubahan yang berarti pada besar perutnya. Namun, seiring berjalannya waktu, perut akan semakin membesar seiring pertumbuhan sang janin di dalam Rahim. Ketika perut sudah semakin membesar, gerak sang ibu akan terbatas dalam beraktivitas, tak terkecuali saat tidur.

Ibu hamil seringkali akan merasakan susah tidur karena perutnya yang membesar dan kontraksi palsu yang sering dirasakannya. Agar bisa tidur nyenyak, ibu hamil perlu menentukan posisi tidur yang tepat dan nyaman. Selama 5 bulan pertama, ibu hamil diperbolehkan untuk duduk telentang. Namun, setelah 5 bulan, posisi terbaik yang sebaiknya dipilih adalah tidur miring dengan menghadap kekiri. Posisi ini berguna agar sirkulasi darah berjalan lancar dan asupan nutrisi untuk janin berjalan normal. Sementara itu, tidur tengkurap sangat tidak dianjurkan selama kehamilan karena berbahaya untuk sang janin.

Itulah dua hal yang perlu diketahui oleh ibu hamil agar lebih tenang saat hamil. Disamping itu, selalu rutinlah membaca info kesehatan terkini dari guesehat.com agar lebih tenang dalam kehamilan. Semoga bemanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *