Cara Merawat Mobil yang Mudah

By | March 21, 2019

merawat mobilBagi sebagian orang terutama merek yang baru mempunyai mobil kegiatan merawat mobil bisa dibilang cukup menyulitkan. Apalagi jika mereka benar benar awam dan sebelumnya tidak pernah sama sekali melakukan perawatan mobil. Sejumlah kesulitan yang dialami ini seringkali menjadikan mereka merasa malas untuk merawat mobil kepunyaan mereka. Padahal bisa dibilang perawatan terhadap suatu kendaraan termasuk mobil merupakan slalah satu hal penting yang harus dilakukan agar saat digunakan bisa beroperasi dengan optimal. Kita tentunya tidak menginginkan jika suatu saat mobil kita mengalami masalah saat hendak dipakai karena kita jarang melakukan perawatan dengan benar.

Oleh karena itulah mulai sekarang ada baiknya bagi setiap pemilik mobil melakukan perawatan terhadap mobilnya secara rutin dalam jangka waktu tertentu. Jika pemilik mobil masih belum benar benar tahu bagian mana saja yang perlu dirawat dan bagaimana perawatannya anda bisa menyimaknya pada artikel berikut ini. Di bawah ini adalah beberapa bagian atau part mobil yang sebaiknya anda berikan perawatan secara rutin :

    • Aki Mobil
      Aki merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah mobil. Hal ini karena aki merupakan sumber kelistrikan yang sangat berperan dalam starting sebuah mobil. Disamping itu aki ini juga merupakan sumber lisrik untuk berbaga peralatan di mobil seperti lampu, sarana hiburan dan lain sebagainya. Untuk melakukan perawatan terhadap aki mobil ini ada beberap hal yang perlu diperhatiakan yakni tingkat ketinggian dari air aki, besarnya tegangan dan juga bersih tidaknya kutub kutub aki. Untuk level atau ketinggian air aki ini sebaiknya jangan sampai melewati batas minimum. Jika dirasa air aki sudah tidak mencukupi maka kita bisa melakukan penambahan air aki. Untuk menambah air aki bisa menggunakan air suling. Lakukan juga pembersihan terhadap kotoran kotoran di sekitar aki mobil terutama di kutub kutubnya. Kutub kutub aki ini jika kotor bisa menghambat arus listrik yang mengalir.
    • Sistem Pelumasan Mobil (Oli)
      Dalam sebuah mobil sistem pelumasan emmilki peranan yang sangat penting. Adanya sistem pelumasan ini selain berfungsi untuk melumasi sehingga meminimalisir gesekan langsung antar part mobil juga berfungsi untu mendinginkan. Namun setelah melewati angka sekian kilometer oli ini sebaiknya diganti. Untuk itulah dalam melakukan perawatn mobil pemeriksaan terhadap oli perlu sekali dilakukan. Hal yang perlu diperiksa dalam hal ini adalah volume dari oli apakah berkurang atau tidak dan juga kondisi dari oli itu sendiri apakah tercampur dengan kotoran atau tidak. Jika dirasa diperlukan maka sebaiknya oli yang ada di mobil ini bisa kita ganti dengan oli yang baru
    • Ban Mobil
      Roda dan ban mobil merupakan alat utama dalam gerakan sebuah mobil. Ban mobil yang kondisinya masih bagus menjadikan mobil berjalan dengan baik dan penumpang di dalamnya merasa nyaman. Sebaliknya jika ban kondisinya sudah tidak sesuai dengan ketentuan menjadikan mobil jalannya tidak bagus dan terkadang bisa membahayakan. Dalam perawatn ban mobil ini beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah bentuk fisik dari ban tersebut apakah masih layak atau sudah tidak layak entah karena alur pada ban tersebut sudah gundul atau masih normal. Tekanan udara pada ban apakah sesuai dengan ketentuan atau tidak. Kesimbangan dari mobil biasanya jiga dipengaruhi oleh ban yang terpasang. Karena itu jika mobil terasa sudah tidak seimbang maka tidak ada salahnya melakukan balancing dan spooring pada ban.
    • Radiator
      Pada sebuah mobil radiator ini berfungsi untuk mendinginkan mesin sehingga tidak terjadi overheat pada mesin. Agar kondisi radiator ini terjaga maka hendaknya airnya selalu mencukupi jika dirasa air sudah berkurang kita bisa mengisi air radiator ini.
    • Lampu Mobil
      Periksa lampu lampu mobil apakah masih menyala dengan baik atau tidak. Jika lampu mobil sudah tidak terang atau bahkan sudah tidak menyala sama sekali maka kita perlu untuk menggantinya. Di samping lampu hal lain yang perlu diperiksa adalah kabel kabel yang menuju ke lampu dan kelistrikan mobil lainnya.
    • Interior Mobil
      Agar penumpang mobil merasa nyaman saat mengendari mobil maka interior harus dilakukan. Perawatan ini meliputi membersihkan bagian dalam mobil, mengganti jika ada yang perlu diganti.
    • Kaca Mobil
      Bersihkan kaca mobil agar kaca tidak buram. Kaca mobil yang buram apalagi jika itu merupakan kaca mobil di bagian depan bisa cukup berbahaya.
    • Wiper Mobil
      Meski dalam kondisi biasa wiper tidak terlalu berguna namun saat hujan wiper ini memegang peranan yang sangat penting. Pastikan wiper ini dalam kondisi bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *