Perkembangan Pariwisata di Indonesia

Sejak dahulu kala Indonesia sudah dikenal sebagai salah satu negara yang menjadi tujuan wisata bagi para wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Tak mengherankan jika di setiap waktu liburan tempat tempat wisata yang ada di indonesia selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.
Cukup populernya objek wisata di indonesia ini disebabkan oleh berbagai macam faktor pendukung. Faktor faktor pendukung kemajuan wisata di indonesia tersebut beberapa di antaranya ialah sebagai berikut : :
  • Iklim dan cuaca yang cukup baik, tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas
  • Banyak daerah yang memiliki pemandangan alam yang indah, sejuk dan nyaman
  • Terdapat banyak gejala alam yang cukup unik
  • Penduduk indonesia yang ramah
  • Kondisi negara indonesia yang relatif aman
Di era digital seperti sekarang ini berbagai macam industri termasuk juga industri pariwisata di indonesia berkembang dengan pesat. Hal ini terjadi karena semakin mudahnyak ita mempromosikan berbagai tempat wisata yang ada. Melalui berbagai website, blog, forum dan juga social media kita bisa mempromosikan tempat tempat indah yang sebelumnya relatif tidak terlalu terkenal di masyarakat. Beberapa pembangunan infrastruktur dan srana prasarana seperti jalan raya juga turut mempermudah akses menuju ke tempat wisata yang ada. Hal hal lain seperti meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang pariwisata indonesia juga dilakukan untuk semakin mengembangkan sektor pariwisata di indonesia.
Semakin berkembang pesatnya industri pariwisata di indonesia tentunya memberikan berbagai manfaat. Manfaat ini tidak hanya didapatkan oleh para wisatawan saja, tetapi juga oleh para pengelola obyek wisata dan juga orang orang di sekitarnya. Beberapa manfaat tersebut di antaranya adalah :
  • Menambah cadangan devisa negara dari datangnya wisatawan manca negara
  • Membuka berbagai macam lapangan kerja, dengan berdirinya berbagai tempat usaha di sekitar obyek wisata tentunya membutuhkan banyak pekerja jadi secara tidak langsung pariwisata turut mengurangi angka pengangguran yang ada.
  • Membuka peluang usaha bagi penduduk yang ada di sekitar tempat wisata misalnya dengan menjadi penjual berbagai macam cenderamata, membuka warung makan ¬†atau menjadi pemandu wisata
  • Menambah pengetahuan baru dari wisatawan yang datang dari berbagai negara misalnya saja menambah kemapuan berbahasa asing

Setelah kita ketahui berbagai macam manfaat yang dapat kita peroleh dari berkembang pesatnya wisata di indonesia maka sebaiknya kita senantiasa menjaga dan merawat obyek obyek wisata yang ada di sekitar kita.