Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

By | December 15, 2019

Wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang seringkali mengalami gangguan. Bentuk gangguan yang terjadi pada wajah manusia ini bermacam macam. Beberapa dari antara jenis gangguan kesehatan yang sering menyerang wajah manusia diantaranya adalah jerawat, komedo, flek hitam, rosacea dan yang sejenisnya. Gangguan kesehatan yang terjadi di wajah kita selain akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman tentunya juga akan mengurangi nilai estetika wajah kita.

Untuk itulah sebaiknya kita menjaga kesehatan wajah kita agar tidak terkena gangguan gangguan kesehatan tersebut. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan wajah ini adalah dengan melakukan perawatan wajah yang benar secara teratur. Melakukan perawatan wajah sebenarnya bukanlah pekerjaan yang sulit dan mahal. Bahkan ada beberapa cara merawat wajah sederhana yang bisa kita lakukan sendiri dan nyaris tanpa biaya.

Beberapa upaya yang bisa kita lakukan dalam merawat wajah ini antara lain adalah sebagi berikut :

1. Jaga Kebersihan Wajah
Salah satu hal penting yang perlu kita lakukan agar wajah kita tetap sehat adalah dengan menjaga kebersihan wajah kita tersebut. Untuk menjaga kebersihan ini bisa dilakukan dengan beberapa cara misalnya saja dengan mencuci wajah kita dengan air hangat dan sabun wajah yang lembut, atau jika kita biasanya menggunakan make up apapuun jenisnya entah itu make up natural ataupaun yang lainnya maka untuk membersihkan wajah ini kita bisa menggunakan micellar water ataupun make up remover baru setelah itu dibersihkan dengan air hangat.

2. Gunakan Produk Perawatan Wajah yang Sesuai
Seperti yang kita ketahui ada berbaagi jenis atau karakteristik kulit manusia ada yang memiliki kulit kering, berminyak, dan ada juga yang kulitnya sensitif. Pastikan kita menggunakan produk perawatan wajah yang sesuai dengan jenis kulit kita. Sebagai contoh jika kita memiliki kulit dengan tipe kering maka gunakan produk perawatan wajah yang sifatnya menghidrasi, atau jika kulit kita berminyak sebaiknya gunakan produk yang sifatnya ringan.

3. Hindarkan Wajah Dari Sinar Matahari Langsung
Terpapar sinar matahari secara langsung terlebih lagi jika dilakukan dalam waktu yang lama dan kontinyu akan merugikan kesehatan kulit kita. Untuk mengatasinya kita bisa menggunakan tabir surya jika terpaksa harus terkena sinar matahari dalam waktu yang cukup lama.