Nutrisi Untuk Kesehatan Tulang

By | March 27, 2023

Grafik vektor gratis dari AyamMemiliki badan yang sehat tentu merupakan harapan semua orang. Dengan tubuh yang sehat berbagai kegiatan bisa kita lakukan dengan optimal. Sebaliknya jika ada gangguan kesehatan  sebagai contoh gangguan pada tulang ataupun sendir tubuh kita jangankan untuk beraktivitas secara normal, untuk sekadar duduk pun terkadang sulit dilakukan.

Oleh karenanya sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan  tulang dan sendi kita agar bisa beraktivitas dengan lancar. Salah satu caranya adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuh khususnya nutrisi untuk tulang dan sendi kita. Beberapa contih

Adapun beberapa contoh nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang ini antara lain adalah sebagai berikut: 

Kalsium

Kalsium merupakan salah satu jenis mineral yang sangat penting untuk kesehatan tulang kita. Kekurangan kalsium bisa menyebabkan tulang keropos atau sering disebut sebagai osteoporosis. Makanan yang mengandung kalsium ini cukup banyak misalnya saja sayuran hijau, kedelai serta susu dan produk produk turunannya. Bahkan saat ini sudah ada cukup banyak produk khusus susu untuk tulang dan sendi.   

Vitamin D

Vitamin D secara langsung ataupun tidak langsung akan sangat mempengaruhi kesehatan tulang dan gigi kita. Hal ini karena keberadaan vitamin D ini bisa bermanfaat untum mempermudah penyerapan kalsium. Sumber vitamin D selain bisa diperoleh dari beberapa jenis makanan seperti telur, ikan, serta kedelai juga bisa diperoleh dari sumber lain yakni sinar matahari pagi. 

Protein

Protein sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Hal ini karena protein mampu mempertahankan jaringan kolagen pada tulang. Namun meski demikian kita juga tidak boleh kelebihan protein karena bisa saja membawa dampak yang cukup negatif bahkan bisa menyebabkan kerusakan tulang.

Magnesium

Selain kalsium beberapa jenis mineral lain seperti magnesium, fosfor serta seng juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. MIneral mineral tersebut berfungsi untuk menjaga kepadatan tulang.

Itulah tadi beberapa jenis kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Akan tetapi hanya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat zat tersebut tentu tidak cukup. Ada beberapa hal lain yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan tulang seperti rajin berolahraga dan istirahat yang cukup.