Beberapa Pertimbangan dalam Memilih Pembalut Saat Menstruasi

By | December 11, 2022

Haid atau menstruasi adalah proses alami yang terjadi pada wanita usia subur sebagai salah satu siklus reproduksi. Pada saat menstruasi, sel-sel telur yang tidak terpakai dan lapisan dinding rahim terbuang melalui vagina. Hal ini disertai dengan pendarahan yang biasanya terjadi selama 3-7 hari. 

Pada seorang wanita siklus menstruasi ini akan dimulai ketika pubertas dan akan berakhir saat memasuki menopause. Menstruasi ini biasanya terjadi 28 hari sekali. Adapun untuk siklus atau tanggal terjadinya menstruasi tiap bulan antara satu wanita dengan wanita yang lainnya bisa saja berbeda beda tergantung berbagai macam faktor. Mulai dari faktor genetis, gaya hidup, kondisi kesehatan dan lain sebagainya. 

Saat sedang mengalami menstruasi biasanya seorang wanita mengalami gejala seperti nyeri perut, sakit kepala, kelelahan, mood yang tidak stabil, dan perubahan nafsu makan dan lain sebagainya. Hal ini sebenarnya masih cukup wajar saja. Namun yang perlu diperhatikan adalah jika hal tersebut sangat mengganggu atau menjadi lebih parah maka perlu untuk konsultasi ke dokter yang sesuai dengan bidangnya.

Saat mengalami menstruasi seorang wanita juga hendaknya menjaga kebersihan pribadi dengan cara menggunakan pembalut. Hal ini dimaksudkan agar mereka bisa tetap beraktivitas dengan nyaman tanpa  khawatir cairan menstruasinya akan bocor dan mengganggu.

Akan tetapi dalam pemilihan pembalut yang akan digunakan ketika menstruasi ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan saja. Karena jika sembarangan saja dalam pemilihan pembalut ini maka bisa berefek negatif. Selain menjadikan tidak nyaman pemilihan pembalut yang kurang tepat bisa juga menyebabkan iritasi pada kulit wanita yang menggunakannya. Sehingga dalam pemilihan pembalut ini perlu memperhatikan ddan mempertimbangkan beberapa hal. 

Adapun beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan pembalut adalah sebagai berikut: 

  • Bahan pembalut, Salah satu hal utama yang perlu diperhatikan dalam pemilihan pembalut yang digunakan saat menstruasi adalah soal bahan yang digunakan. Pastikan memilih pembalut dari bahan yang mudah menyerap cairan. Hal ini dimaksudkan agar darah menstruasi tidak bocor dan meluber keluar.  Pastikan juga bahan pembalut ini tidak mengandung zat zat kimia termasuk juga pemutih dan pewangi. Karena kandungan pemutih, pewangi maupun zat kimia lainnya bisa menyebabkan iritasi pada kulit.
  • Ukuran, Hal selanjutnya yang perlu untuk dijadikan petrimbangang dalam pemilihan pembalut adalah soal ukuran dari pembalut tersebut. Jika memiliki ukuran tubuh yang besar dan aliran darah haid cukup deras maka ada baiknya memilih pembalut yang ukurannya panjang. Akan  tetapi untuk yang aliran darah haidnya tidak terlalu deras maka tak ada salahnya memilih pembalut yang lebih pendek karena biasanya pembalut dengan ukurang yang lebih pendek ini lebih nyaman untuk dipakai.
  • Bentuk pembalut, Untuk bentuk pembalut ini ada yang bersayap ada yang tidak. Untuk kamu kamu yang cukup aktif berkegiatan ketika sedang menstruasi maka tidak ada salahnya memilih pembalut yang memiliki sayap. Karena pembalut jenis ini bisa membantu menahan pembalut sehingga tidak bergeser saat dipakai beraktifitas. 
  • Standar SNI, Jika kamu membeli pembalut di toko atau dimanapun pastikan pembalut ini memiliki standar SNI, pastikan juga pembalut yang dibeli belum kadaluarsa sehingga tidak menimbulkan efek negatif kedepannya.
  • Sesuaikan dengan kebutuhan, Apakah akan menggunakan pembalut dari bahan kain yang bisa dicuci ulang ataukah akan menggunakan pembalut sekali pakai bisa dipilih berdasarkan situasi masing masing. Hal ini karena kedua jenis pembalut tersebut punya sisi positif dan negatifnya masing masing.