Ulasan Seputar Fakta Datang Bulan yang Harus Diketahui

Wanita menjadi makhluk yang spesial karena pada dirinya akan tumbuh calon penerus agar manusia bisa berkembang biak. Untuk melakukannya, wanita memerlukan sistem reproduksi yang sehat dan matang. Salah satu ciri kesehatan dan kematangan sistem reproduksi pada wanita adalah adanya menstruasi atau datang bulan yang terjadi sebulan sekali atau antara 28 sampai 35 hari sekali. Menstruasi ditandai dengan keluarnya darah dari kewanitaan wanita yang menandai luruhnya rahim karena tak adanya proses pembuahan. Namun selain dari tanda secara fisik, ada juga tanda-tanda lainnya yang menjadi mitos maupun fakta wanita datang bulan.

Ketika tiba saat datang bulan, wanita akan mengalami perubahan hormonal dimana hormon kewanitaan dikeluarkan lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Hal ini sebenarnya bukan bertujuan untuk mengubah mood wanita namun lebih untuk persiapan kehamilan. Akan tetapi karena tak adanya kehamilan, maka rahim luruh menjadi menstruasi sedangkan sistem hormonal mempengaruhi bagian lain yang sering mengiringi terjadinya menstruasi.

Berikut ini adalah beberapa tanda lain selain keluarnya darah yang sering terjadi pada wanita sedang datang bulan:

  • Mood menjadi kurang stabil sehingga lebih cepat marah dan tersinggung. Hal ini dikarenakan hormon kewanitaan yang lebih banyak dikeluarkan.
  • Payudara menjadi lebih kencang dan membesar terutama saat menjelang datangnya menstruasi.
  • Sakit di perut bagian bawah karena peristiwa luruhnya dinding rahim.
  • Makan dengan porsi yang lebih banyak menjelang menstruasi.
  • Sakit di bagian punggung belakang.
  • Keputihan saat menjelang dan sesudah menstruasi.

Bagi Anda para wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur yaitu setiap 28 hingga 35 hari dengan jumlah periode yang selalu sama, maka akan memudahkan Anda untuk menghitung masa kesuburan untuk program keluarga berencana. Pergunakan perhitungan kalender untuk menentukan kapan harus melakukan hubungan suami istri untuk memiliki momongan atau kapan untuk menghindarinya agar tak terjadi pembuahan. Akan tetapi jika siklus datang bulan Anda tidak lancar atau memiliki periode yang tak tentu, masih ada beberapa cara untuk melakukan KB bagi yang sulit memiliki momongan.