Tips Menyiapkan Bekal Sekolah Sehat untuk Anak

 

Sekolah adalah salah satu akivitas yang cukup menyita energi anak.  Mulai dari aneka macam kegiatan belajar, olahraga  semuanya dilakukan di sekolah. Oleh karenanya menyiapkan bekal untuk sekolah sudah menjadi kewajiban orangtua. Namun terkadang meski orang tua sudah susah payah untuk menyiapkan bekal makanan anak namun anak tidak tertarik dengan bekal makanan tersebut. Terkadang bekal makanan mereka masih utuh dan mereka lebih memilih untuk membeli jajanan di luar. Atau ada juga anak yang tidak mau membawa bekal meskipun sudah disiapkan oleh orang tuanya. Jika ini hal ini hanya dilakukan  sesekali saja, mungkin saja tidak masalah. Namun apabila hal ini berlanjut terus menerus maka tentunya akan membawa efek yang kurang baik untuk kesehatan anak kita.

Oleh karenanya dalam membuat bekal makanan untuk dibawa anak ke sekolah sebaiknya tidak sembarangan saja. Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan agar anak menjadi tertarik dan mau memakan bekal sekolah yang kita buat. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah :

  • Tampilan
    Terkadang meski bekal makanan yang kita siapkan rasanya enak, namun karena tampilannya yang kurang menarik menjadikan anak enggan untuk memakan bekal tersebut. Bekal makanan dengan tampilan yang lebih menarik tentunya akan membuat anak lebih teratrik untuk memakannya di sekolah.
  • Rasa
    Rasa adalah salah satu faktor penting yang sebaiknya diperhatikan ketika membuat bekal untuk anak. Makanan dengan rasa yang disukai oleh anak tentunya akan membuat bekal tersebut dinikmati oleh anak dan mau untuk membawa atau memakannya.
  • Kehigienisan
    Kehigienisan bekal ini sebaiknya juga diperhatikan agar bekal makanan yang kita siapkan tidak membawa efek yang merugikan berupa penyakit atau sebagainya. Kehigienisan ini meliputi kehigienisan makanan maupun tempat makanannya.
  • Nilai Gizi
    Karena anak dalam usia sekolah membutuhkan nurisi yang cukup banyak, maka sebaiknya bekal yang kita buat harus memenuhi angka kecukupan gizi untuk anak. Disamping harus menyukupi angka kecukupan gizi makanan yang kita buat juga harus mempertimbangkan keseimbangan dari gizi makanan tersebut.
  • Variasi Menu Makanan
    Agar anak tidak bosan dengan makanan yang dibawanya, maka sebaiknya makanan yang kita buat sebaiknya bervariasi tidak yang itu itu saja. Misalnya hari ini menu a, besok menu b dan seterusnya. Aneka menu makanan ini bisa kita buat dengan resep dari kreasi sasa.

Nah demikianlah sedikit tips dari saya tentang menyiapkan bekal makanan untuk anak semoga bermanfaat.