Tips Membersihkan Kompor Gas

Saat ini kompor gas telah menjadi salah satu peralatan yang banyak digunakan oleh orang orang. Hampir di tiap rumah kita jumpai orang yang menggunakannya untuk memasak. Tentu saja hal ini jauh berbeda jika dibandingkan tahun 2009 ke bawah . Waktu itu pemakai kompor gas belumlah banyak karena orang lebih memilih menggunakan kompor minyak. Namun seiring dengan adanya program konversi minyak tanah ke gas yang dilakukan oleh pemerintah dan mengingat banyaknya keunggulan yang dimiliki oleh kompor gas maka orang banyak yang kemudian beralih menggunakan kompor gas.

Beberapa kelebihan dari kompor gas sendiri diantaranya adalah :

  1. harga gas yang relatif cukup murah
  2. tidak terlalu menimbulkan polusi udara
  3. perawatan yang cukup mudah
  4. relatif lebih awet

Untuk keunggulan yang no 4 yakni keawetan dari kompor gas sangat tergantung dari bagaimana kita merawat kompor gas yang kita punya tersebut. Salah satu perawatan kompor gas yang arus kita lakukan adalah dengan membersihkannya secara rutin dalam jangka waktu tertentu. Seperti halnya peralatan dapur lainnya kompor gas juga pasti selalu terkena noda noda bahan makanan dan juga ceceran minyak, yang pastinya harus selalau dibersihkan.

Sebuah kompor gas yang jarang dibersihkan dan menjadi sangat kotor tentunya disamping akan mengganggu kinerja kompor tersebut juga dapat menimbulkan berbagai macam bahaya dan memperpendek umur kompor karena banyaknya korosi atau kompor berkarat.

Cara membersihkan kompor gas sendiri sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Dengan peralatan sederhana dan mudah didapatkan di sekitar kita  seperti spons lembut, kain dan sunlight double power serta minyak zaitun kita sudah bisa membersihkan kompor gas dengan baik. Namun saat membersihkan kompor gas ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya adalah :

  • Pembersihan kompor dilakukan di saat kompor dalam kondisi dingin atau dengan kata lain kompor sebaiknya dibersihkan ketika sedang tidak dipakai. Karena membersihkan kompor yang sedang aktif beroperasi dapat menimbulkan berbagai potensi bahaya seperti kebakaran dan lain lain
  • Jangan menggunakan pembersih yang mengandung bahan kimia yang cukup keras atau bahan kimia yang dapat menyebabkan korosi agar kompor yang kita punya lebih awet.
  • Pembersihan kompor sebaiknya dilakukan secara rutin jangan menunggu kotoran dan minyak yang menempel menumpuk terlalu tebal dan mengering  di permukaan kompor karena akan lebih sulit dibersihkan.
  • Apabila ada bagian kompor yang memang dapat dilepas maka lepaskanlah dan bersihkan secara terpisah.

Nah demikianlah tadi sedikit tips tentang membersihkan kompor gas yang mungkin bermanfaat untuk anda sekalian.