Tips Membeli Velg Mobil

Velg adalah bagian yang sangat penting dan hampir selalu ada di setiap kendaraan berroda baik itu motor maupun mobil. Secara umum velg  berfungsi untuk menahan beban baik yang berupa beban vertikal maupun horizontal, beban pengendaraan dan beban pengereman yang bertumpu pada roda. Karena fungsi menahan beban inilah maka setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu kemampuan dari velg akan berkurang sehingga sebaiknya diganti dengan velg yang baru. Pergantian velg mobil selain karena kemampuannya yang telah berkurang biasanya juga dilakukan karena pemilik mobil ingin memodifikasi mobilnya.

Namun sebelum mengganti velg pada sebuah mobil ada baiknya memperhatikan beberapa hal di bawah ini :

1. Budget

Sebelum memutuskan untuk membeli atau mengganti velg sebaiknya kita harus melihat dulu berapa budget yang kita punya. Jika memang kita memiliki budget yang cukup maka memilih velg baru dengan kualitas bagus adalah yang sebaiknya kita lakukan. Namun jika budget kita terbatas maka velg bekas dengan kondisi yang masih bagus bisa jadi alternatif.

2. Kompabilitas Velg

Saat memilih velg kompabilitas velg adalah hal yang harus diperhatikan. Kompabilitas ini meliputi kesesuaian ukuran dan jenis velg antara velg lama dengan velg yang akan dibeli.

3 . Bahan Velg

Secara umum bahan velg mobil ada dua macam yakni velg dari logam berat / baja dan velg logam ringan. Jika kita hanya menginginkan sekedar ganti velg standar saja maka velg baja bisa kita jadikan pilihan. Akan tetapi jika kita ingin memodifikasi mobil kita maka velg dari logam ringan adalah pilihan yang tepat karena selain tampilannya yang bagus juga karena bobotnya yang ringan sehingga memperingan kinerja mesin.

4. Cara Pembelian

Secara umum metode pembelian velg mobil sama seperti pembelian barang lainnya yakni secara online maupun offline. Untuk mobil mobil dengan merk terkenal yang banyak penggunanya kita bisa membeli velg di kota yang dekat dengan kita. Namun untuk mobil mobil tertentu yang suku cadangnya tidak tersedia di lokasi yang dekat dengan kita, kita bisa membeli velg secara online di toko toko online terpercaya.

Nah demikianlah tadi sedikit tips yang bisa anda terapkan saat akan membeli velg mobil, semoga bermanfaat.