Tips Buat Kamar Kecil Jadi Lebih Nyaman dan Kece!

Bingung bagaimana cara menata kamar tidur kamu yang sempit? Memang, menata kamar tidur sempit memiliki tantangan sendiri. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa membuatnya nyaman dan cantik. Kamu perlu cerdas dalam meletakkan dan menyimpan barang agar kamar tetap terlihat rapi dan nyaman. Nah, kali ini kami akan membahas beberapa tips mudah untuk menata kamar tidur berukuran kecil. Penasaran? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Fokus pada Satu Palet Warna

(Sumber gambar: www.hemnet.se)

Penataan kamar tidur sebaiknya dimulai dari pemilihan warna cat kamar, guys. Perlu kamu ketahui, warna-warna pastel seperti putih, abu-abu muda, dan krem dapat memberi kesan ruangan tampak lebih luas. Itu sebabnya, sebaiknya kamu memilih warna netral sebagai cat tembok kamarmu, ya.

Setelah itu, usahakan pilih warna furniture yang masih satu palet dengan warna cat dinding. Sebagai contoh, jika kamu memilih cat dinding warna krem, sebaiknya furniture dalam kamarmu didominasi dengan warna putih. Cara ini bisa membuat kamarmu terkesan lebih lapang karena matamu tidak akan terpaku pada sudut ruangan yang sempit. Nah, agar terlihat lebih stylish, kamu bisa memberi dua hingga tiga sentuhan warna berbeda pada furniture kamarmu.

2. Manfaatkan Dinding untuk Mempercantik Kamar

(Sumber gambar: www.boatylicious.org)

Meski luas ruangan kamar tidurmu kecil, kamu bisa mempercantiknya dengan memanfaatkan dinding. Coba beli berbagai bingkai, poster, atau lukisan sebagai galeri kecil dan cantik di kamarmu. Oh iya, kamu juga bisa memanfaatkan dinding kamar sebagai pengganti TV, lho! Kamu hanya perlu membeli proyektor kecil dan menembakkan pada dinding polos. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi repot-repot menyediakan tempat untuk TV. Menarik, bukan?

3. Pilih Furniture Mungil

(Sumber gambar: www.nuevacondominasuites.com)

Tips lainnya adalah memilih ukuran furniture yang tidak memakan banyak tempat. Cara ini berfungsi agar kamu memiliki lebih banyak ruang untuk berkreasi dengan layout kamar tidur. Meski begitu, pastikan furniture yang kamu pilih juga efektif untuk menyimpan segala barangmu, ya. Tentu saja kamu tidak ingin kamarmu jadi berantakan dan tidak nyaman, bukan? Jadi, jangan hanya fokus pada desainnya saja, tapi juga kegunaannya, guys.

4. Gunakan Cermin

(Sumber gambar: www.wearefound.com)

Sebagian besar dari kalian tentu sudah pernah mendengar tips yang satu ini, bukan? Well, memanfaatkan cermin untuk membuat ruangan terlihat dua kali lipat lebih besar memang sudah digunakan sejak lama. Pada dasarnya, cermin dapat memantulkan cahaya dan menciptakan ilusi pada ruangan. Hal inilah yang menjadi alasan cermin dapat memberi kesan kamar luas pada ruangan kecil.

Sebagai rekomendasi, kamu bisa membeli cermin berukuran besar dan menagguntungnya pada dinding polos atau sekadar menyenderkannya pada dinding kamarmu. Cara lainnya, kamu bisa mencari lemari yang memiliki full-body cermin pada pintunya. Tertarik untuk mencobanya?

5. Pencahayaan yang Baik

(Sumber gambar: www.pinterest.es)

Selain menata desain kamar, kamu juga perlu memerhatikan pencahayaannya, ya. Ini bisa kamu lakukan dengan membuat jendela dalam kamar tidur. Pastikan sinar matahari dapat masuk sehingga kamarmu terasa lebih segar pada pagi hari. Nah, selain memastikan sinar matahari masuk dalam ruangan, kamu juga bisa memanfaatkan pencahayaan lampu. Untuk menciptakan suasana kamar yang hangat, kamu bisa memilih lampu warna kuning. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan lampu tidur dekat kasur. Dengan begitu, kamar kecilmu dapat terasa lebih nyaman, deh!

6. Buat Rak dalam Dinding

(Sumber gambar: www.artswalkolympia.com)

Cara lain untuk menghemat ruangan dalam kamar tidur kecil adalah membuat rak dalam dinding. Jadi, barang-barangmu dapat tetap tersusun rapi dalam rak tersebut. Meski begitu, cara ini membutuhkan bujet yang terbilang lumayan besar karena kamu perlu memanggil tukang untuk membuat lekukan masuk pada dinding.  Jika kamu punya bujet lebih, cara ini benar-benar worth the try!

Nah, ternyata tidak sulit ya  menata kamar tidur kecil agar terlihat nyaman dan cantik. Selamat mencoba, guys!