Sebelum Memindahkan Aset Data Anda, Ketahui Dulu Hal-Hal Berikut Ini

nexdatacenter_cable_port.jpg

Collocation adalah fasilitas yang digunakan bagi perusahaan-perusahaan baik profit ataupun non-profit yang membutuhkan sarana penyimpanan server data dengan spesifikasi yang bisa menopang kerja server tetap optimal. Seiring dengan berkembangnya sebuah perusahaan dengan permintaan yang semakin tinggi, maka data center yang dimiliki sudah tidak memadai untuk menampung data. Sebagian besar alasan perusahaan dalam menggunakan fasilitas collocation adalah karena sarana data center sendiri yang sudah overcapacity, sistem pendingin dan juga keamanannya sudah tidak memadai, dan biaya yang harus dikeluarkan untuk meng-upgrade data center cukup besar.  Collocation dianggap sebagai solusi paling efisien dalam memindahkan data center Anda ke fasilitas yang lebih established. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda tahu sebelum menentukan fasilitas collocation yang tepat.
Konsultasi memilih provider data center
 
Ketika mencari provider data center yang tepat, sebelumnya lakukan riset terlebih dahulu untuk menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda baik sekarang maupun di masa depan. Beberapa faktor yang mesti dipertimbangkan adalah visi dari perusahaan Anda apakan masih ingin dikembangkan atau sudah akan melakukan ekspansi dengan proses likuidasi dan sebagainya. Apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan dan berapa banyak pertumbuhan data dalam periode tertentu. Dengan mengidentifikasi kebutuhan perusahaan Anda maka biaya yang dikeluarkan untuk collocation bisa lebih efisien.
Pengaturan finansial untuk pindah lokasi data center
 
Perusahaan yang membangun data center-nya sendiri biasanya sudah memiliki perencanaan keuangan dan sudah didanai untuk operasional beberapa tahun ke depan. Sementara untuk membeli space pada fasilitas collocation memiliki prosedur yang sedikit berbeda. Kapasitas space yang dibeli disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda, jika sudah mulai penuh lagi Anda bisa membeli space yang lebih besar. Namun akan sulit apabila dalam jangka waktu tertentu justru terjadi penurunan kapasitas data yang masuk ke server sementara biaya yang mesti Anda keluarkan tetap sama sebelum mengalami penurunan. Maka dari itu penting untuk melakukan perhitungan kebutuhan yang akurat agar tidak terjadi hal seperti itu.
Menyesuaikan hal-hal teknis
 
Hal-hal teknis yang mesti diperhatikan ketika memilih fasilitas collocation misalnya seperti infrastruktur dan juga sarana pendukung yang menjamin  keamanan dari sever-server yang ada di gedung tersebut. Sesuai dengan spesifikasinya, infrastruktur data center-pun ada tingkatannya, mulai dari sruktur bangunan yang tahan guncangan hingga data center dengan prosedur keamanan yang sangat ketat dan berstandar tinggi.
Kemampuan untuk back-up data
 
Ada banyak hal yang bisa terjadi menimpa sebuah fasilitas collocation salah satunya adalah resiko bencana alam. Maka dari itu sebaiknya data center yang Anda pilih memiliki prosedur back up data yang bisa diakses dengan cepat ketika data center utama mengalami gangguan akibat bencana. Tetapi kini sebagian besar data center sudah bisa terhubung dan memiliki akses langsung dengan data center lain yang terpisah lokasinya jadi Anda hanya tinggal memastikan hal ini.