Potensi Wisata Laut di Indonesia

Raja Ampat

Jika kita melihat peta dari indonesia maka kita akan mengetahui bahwasanya Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang sebagian besar wilayahnya ( kurang lebih dua per tiganya) terdiri dari lautan. Besarnya wilayah lautan yang dimiliki indonesia tentunya menjadikan negeri ini mempunyai beragam potensi yang bisa dikembangkan. Potensi itu misalnya dalam bidang pertambangan, transportasi maupun pariwisata.

Salah satu potensi yang sampai saat ini sudah cukup berhasil untuk dikembangkan adalah potensi di bidang pariwisata. Seperti yang kita ketahui dengan luas wilayah lautan indonesia yang mencapai lebih dari 60 persen dari keseluruhan luas wilayah menjadikan indonesia sebagai negara dengan garis pantai terpanjang ke dua di dunia setelah kanada. Panjangnya garis pantai tersebut tentunya merupakan sebuah potensi yang sangat bagus jika dikembangkan dengan serius.

Pantai pantai yang tersebar di berbagai wilayah di indonesia rata rata mempunyai pemandangan yang indah. Sehingga tidak mengherankan jika hal tersebut menarik wisatawan baik itu wisatawan domestik maupun wisatawan asing untuk mengunjungi pantai pantai di indonesia. Di pantai pantai ini kita bisa melihat indahnya pasir putih yang ada dan juga keanekaragaman hayati yang tumbuh dan berkembang di sana . Selain itu jika kita mengunjunginya di waktu yang tepat kita juga berkesempatan untuk melihat sunrise ( matahari terbit) dan juga sunset (matahari terbenam) di pantai yang tentunya merupakan pemandangan yang sangat indah. Beberapa pantai terkenal yang ada di indonesia diantaranya adalah : Pantai Senggigi, Pantai kuta, pantai pangandaran, pantai parangtritis dan lain lain.

Selain pantai obyek wisata lain yang bisa kita lihat dan nikmati dari laut adalah wisata bawah laut. Kita pastinya pernah mendengar tentang keindahan taman laut yang ada di indonesia misalnya saja di bunaken ataupun raja ampat. Di sana kita bisa melakukan snorkeling maupun diving. Dengan melakukan penyelaman sampai ke kedalaman tertentu kita bisa melihat indahnya pemandangan dari terumbu karang dan aneka makhluk hidup lainnya yang ada di bawah laut.

Wisata lain yang bisa kia lakukan di laut adalah wisata berlayar. Kita bisa berlayar dari satu pulau ke pulau lainnya dengan menggunakan paket wisata berlayar yang disediakan oleh Pelni. Beberapa contoh wisata berlayar dengan jangka waktu 2-3 hari yang cukup populer diantaranya adalah wisata berlayar dari Surabaya – Makasar – Bantimurung dan Teluk benoa – Labuan Bajo Pulau komodo.