Peran Penting Perusahaan Logistik

Perusahaan logistik bisa didefinisikan sebagai suatu perusahaan yang memberikan jasa pengiriman barang dari tempat pengambilan ke tempat tujuan. Selain itu, perusahaan seperti ini juga biasanya memberi jasa penyewaan tempat atau gedung bagi perusahaan lain untuk menyimpan barangnya. Apakah perusahaan seperti ini penting bagi perekonomian Indonesia? Jawabannya adalah ya. Perusahaan yang bergerak di bidang logistik memang memiliki peran yang sangat penting bagi kelancaran bisnis perusahaan-perusahaan lainnya dan bagi perekonomian Indonesia secara keseluruhan. Bagaimana bisa? Berikut ini adalah penjelasan mengapa perusahaan penyedia jasa logistik memiliki peran yang penting.

4 Peran Penting Perusahaan Logistik

  1. Tidak Perlu Membentuk Divisi Logistik, Cukup Mengandalkan Perusahaan Logistik

Untuk menjalankan suatu bisnis dalam perusahaan, tentu akan dibutuhkan distribusi dan juga logistik untuk rantai pasokan. Sayangnya, bagi perusahaan yang tidak begitu besar atau perusahaan startup, membentuk divisi logistik tidak bisa dilakukan dengan mudah. Membentuk divisi yang satu ini memerlukan biaya banyak karena harus membangun gudang sendiri, merekrut karyawan untuk mengelola divisi logistik, dan lain-lain. Inilah mengapa biayanya tidak sedikit. Jika perusahaan memutuskan untuk menggunakan jasa perusahaan penyedia jasa logistik, mereka bisa lebih melakukan penghematan. Semua urusan logistik akan dikerjakan oleh pihak perusahaan logistik sehingga perusahaan klien tinggal terima jadi.

  1. Melancarkan Jalannya Pasokan di Indonesia

Perusahaan penyedia jasa logistik memang punya peran penting bagi aspek pasokan di seluruh Indonesia. Perusahaan-perusahaan di seluruh Indonesia tidak perlu bingung dalam menyalurkan logistik mereka ke daerah tujuan distribusi dan ke tempat-tempat klien, Mereka hanya perlu menggunakan jasa dari perusahaan penyedia jasa logistik. Perusahaan semacam ini memiliki fasilitas yang baik dan mumpuni untuk mendistribusikan produk. Perusahaan klien tinggal duduk manis dan mengurus aspek perusahaan lainnya, sementara itu bidang logistik akan diurus oleh perusahaan logistik secara profesional.

  1. Menyediakan Asuransi dan Garansi ke Perusahaan Klien

Jika proses distribusi barang dilakukan sendiri oleh perusahaan, maka tidak ada yang bertanggung jawab ketika ada kerusakan barang atau kendala lain selama perjalanan. Perusahaan lah yang harus menanggung semua kerugian yang terjadi. Jika masalah ini tadi diserahkan ke perusahaan penyedia jasa logistik, pasti jalan ceritanya tidak akan menjadi semacam ini. Hampir seluruh perusahaan penyedia jasa logistik di Indonesia menyediakan asuransi dan garasi untuk melindungi barang selama dalah prosedur penyimpanan, pengiriman, maupun penerimaan. Jika barang rusak ataupun menjadi cacat setelah sampai ke tangan orang yang memesan, pihak perusahaan klien akan menerima ganti rugi. Hal ini tentu berbeda jika barang dikirim sendiri dan tidak dilengkapi dengan asuransi. Perusahaan mau tidak harus merugi banyak.

  1. Mendukung Sektor E-Commerce Indonesia

Selain memberikan kemudahan dalam aliran produk, perusahaan logistik juga memiliki peran penting dalam sektor e-commerce. Seperti yang kita ketahui, penduduk Indonesia termasuk gemar berbelanja online. Dari sinilah muncul puluhan perusahaan e-commerce yang lebih memudahkan lagi bagi orang-orang untuk mendapatkan barang impian Anda dengan cara online. Perusahaan penyedia jasa logistik tentunya sangat dibutuhkan perannya di sini karena perusahaan inilah yang akan mengirimkan barang dari penjual ke pembeli. Inilah mengapa perusahaan penyedia jasa logistik perannya tak akan habis-habis di Indonesia.

Itu dia penjelasan tentang peran perusahaan penyedia jasa logistics Indonesia. Memang banyak peran yang dilakoni oleh perusahaan semacam ini untuk melancarkan bisnis perusahaan lain dan juga melancarkan roda perekonomian Indonesia dari sisi distribusi. Jika Anda masih menganggap enteng perusahaan seperti ini, berarti Anda belum paham benar peran penting dari perusahaan penyedia jasa logistik. Semua hal yang dilakukan oleh perusahaan logistik membuka jalan bagi perusahaan lain untuk memperlancar bisnis mereka, terutama dari bidang distribusi dan juga finansial.