Menjaga Kesehatan Kulit Bayi

Kulit merupakan salah satu bagian sensitif yang dimiliki oleh manusia terutama yang masih bayi. Karena kesensitifannya inilah maka tak jarang kulit bayi mengalami berbagai masalah kesehatan berupa penyakit kulit. Beberapa masalah kesehatan yang sering dialami bayi pada kulitnya diantaranya adalah :

1. Alergi

Alergi pada kulit bayi biasanya ditandai dengan munculnya bintik bintik kemerahan pada kulit bayi. Penyebab alergi pada bayi ini bermacam macam mulai dari alergi makanan, debu, perubahan cuaca maupun alergi karena gigitan serangga. Karena penyebabnya yang bermacam macam maka sebelum mengatasinya terlebih dahulu kita harus mengetahui penyebab dari alerginya tersebut. Jika sudah diketahui maka kita bisa segera mengambil tindakan yang diperlukan, misalnya untuk alergi makanan dengan menghindari memberikan makanan yang menjadi penyebab alergi tersebut atau untuk alergi debu dengan menjauhkan bayi dari lingkungan yang berdebu.

2.Ruam Popok

Ruam popok atau yang sering disebut rashes napkin. Ruam popok pada kulit bayi ini biasanya terjadi karena adanya gesekan antara kulit bayi yang sensitif dengan popok yang dipakai sehingga kulit menjadi lecet, kemudian karena kulit lecet ini terkontaminasi dengan kotoran ataupun zat kimia yang ada pada produk perawatan bayi yang dipakai maka terjadilah ruam popok.

Ruam popok pada bayi kadangkala memang hanya kecil saja dan tidak terlalu mengganggu namun dalam beberapa kasus ruam popok ini bisa menyebabkan hal hal yang cukup fatal pada bayi tersebut. Oleh karena itulah tindakan pencegahan dan pengobatan ruam popok secara tepat sangat diperlukan.

Tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengobati ruam popok diantaranya adalah dengan melakukan hal hal sebagai berikut :

  • Gantilah popok bayi secara teratur ketika popok sudah kotor
  • Bersihkan kulit bayi yang tertutup oleh popok ketika menggantinya
  • Jangan membiarkan bayi selalu memakai popoknya sekali kali biarkanlah bayi tidak menggunakan popok.
  • Berikanlah obat ruam popok yang terpercaya,
  • Jika ruam popok masih belum sembuh juga maka segera saja bawa ke dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih baik.

3. Biang Keringat

Masalah lain yang juga sering dialami oleh bayi pada kulitnya adalah biang keringat atau yang juga sering disebut sebagai ruam panas. Biang keringat ini muncul disebabkan karena suhu tubuh bayi sedang panas sementara kelenjar keringatnya tersumbat sehingga keringat tidak bisa keluar dengan bebas sehingga pada kulit bayi akan nampak bintl berair kemerahan. Untuk mengatasi biang keringat ini kita bisa melakukan berbagai cara diantaranya adalah :

  • Jangan memakaikan pakaian yang terlalu ketat kepada bayi
  • Pastikan sirkulasi udara di tempat yang didiami bayi lancar
  • Mandikan bayi secara teratur
  • Jika biang keringat sudah terjadi maka dapat diminimalisir dengan menggunakan minyak telon. Cara lain dapat juga dengan menggunakan bedak dingin.