Mengenal Jenis-Jenis CCTV dan fungsinya

Bagi Anda yang sedang mencari CCTV (Closed Circuit Television) untuk tempat usaha atau rumah Anda, sebelum memutuskan membelinya di tempat jual CCTV, ada baiknya Anda mengenal lebih dahulu jenis-jenis CCTV dan fungsinya agar dapat menentukan mana yang tepat sesuai kebutuhan. Meski CCTV memiliki beragam bentuk, namun tidak akan mempengaruhi kualitas gambar. Karena variasi tersebut hanya untuk faktor estetika, kemudahan pemasangan dan fungsionalitasnya saja. Berikut beberapa jenis CCTV yang Anda wajib tahu.

1. CCTV dengan kamera analog

CCTV jenis ini dapat merekam sinyal analog untuk diubah menjadi gambar ke tape recorder. Namun rekamannya harus dijalankan dengan sangat lambat agar dapat berjalan dengan baik. Itulah mengapa hasil videonya terlihat patah-patah.

2. CCTV dengan kamera digital

CCTV jenis ini bekerja dengan kamera digital yang langsung dapat terhubung ke computer. Alat ini juga bisa menangkap gambar dengan resolusi besar secara lancar.

3. CCTV dengan jaringan (IP)

CCTV jenis ini bisa menggunakan kamera analog atau digital. Keunggulannya adalah kemampuannya untuk transfer data lalu mengkonversinya menjadi digital yang selanjutnya disebar secara online dengan alamat IP yang telah ditentukan. CCTV ini mulai banyak ditemukan pada tempat-tempat jual CCTV, baik online maupun offline.

Selain jenis-jenis CCTV tersebut diatas, berikut ini beberapa CCTV dengan berbagai bentuk kameranya.

1. CCTV bentuk box kamera

CCTV jenis ini cocok digunakan pada penempatan bidang vertical atau dinding. Jika posisinya jauh dari jangkauan, sebaiknya ditambahkan tempat pelindung untuk menghindari pengrusakan pada alat CCTV itu sendiri.

2. CCTV bentuk dome atau kubah

CCTV jenis ini merupakan model yang paling digemari. Dengan bentuk mirip kubah yang simple, CCTV ini relatif mudah dipasang. Orang juga sulit menebak arah kamera karena dihalangi oleh lapisan dome. Sekalipun terjangkau oleh tangan, pengrusakan juga dapat terhindari karena lensanya terlindungi.

3. CCTV infra red

CCTV jenis ini cocok digunakan pada tempat yang minim pencahayaan atau gelap. Jarak tangkap kamera sangat tergantung pada LED yang digunakan. Jika Anda berniat membelinya, mintalah kepada petugas toko jual CCTV untuk melakukan demo alat sehingga Anda dapat mengetahui kualitas dan jarak gambar yang dihasilkan.

Jadi, untuk membeli CCTV, Anda harus menentukan terlebih dahulu apa tujuan Anda membelinya, dimana Anda akan memasangnya termasuk kondisi pencahayaan dan sebagainya. Dengan mengetahui apa kebutuhan Anda, tentu saja Anda akan dapat memilih mana alat CCTV yang paling tepat. Semoga bermanfaat!