Memulai Usaha Membuka Toko Perlengkapan Bayi Online

Babyshopstorepicture1
Peluang usaha selalu ada di mana saja, salah satunya usaha toko perlengkapan bayi. Bayangkan saja ketika Anda baru saja punya anak, pastinya Anda kebingungan mencari peralatan berkualitas untuk anak Anda, bukan? Belum lagi urusan bajunya yang harus beli setiap beberapa bulan sekali lantaran pertumbuhannya yang pesat. Bisa dibilang, pasar untuk ini selalu ada.
Anda yang mau membuka usaha sendiri patut melirik bisnis perlengkapan bayi ini, apalagi kalau Anda memang menyukai anak-anak. Bahkan sekarang Anda tak membuka toko fisik, karena online shop tengah menjadi tren. Walaupun tentu saja, jika Anda memang ada modal, sebaiknya Anda memikirkan untuk membuka toko tersebut secara fisik sehingga terlihat lebih meyakinkan.
Ada beberapa alasan kenapa membuka toko perlengkapan bayi bisa menguntungkan, apalagi jika Anda melakukannya secara online. Alasannya:
1. Selalu ada pasar
Kebutuhan akan peralatan bayi sampai balita adalah pasar yang tak pernah habis. Banyak orang yang nantinya pasti berkeluarga dan memiliki anak, sehingga Anda akan selalu mendapatkan pelanggan. Orangtua bayi akan butuh baju, botol susu, pampers, dan segala perlengkapan lainnya.
2. Target yang luas
Anda bisa mentarget kalangan masyarakat dari segala lapisan, yang semuanya membutuhkan peralatan bayi.
Sekarang, apa saja yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini? Berikut yang harus dilakukan:
1. Online atau offline?
Tentukan apakah Anda murni memulai secara online ataupun offline lebih dahulu. Online shop, lebih menghemat biaya operasional dan sewa gedung, namun kelemahannya adalah kurang dipercaya sebagai pendatang baru.
2. Riset pasar
Lakukan riset pasar terlebih dahulu sehingga tahu apa yang dibutuhkan oleh para orangtua untuk anak bayinya, merk apa yang dicari, peralatan makan dan mandi yang aman, dll.
3. Cari supplier
Mulailah mencari supplier yang bisa diandalkan, menjual produk yang aman dan berkualitas, serta memudahkan Anda bernegosiasi.
4. Memastikan kualitas
Orangtua tak akan mau kompromi soal kualitas barang untuk anaknya yang masih bayi. Tak apa jika Anda ingin menjual agak mahal, selama kualitasnya berbanding lurus.
5. Sediakan perlengkapan untuk ibu
Kadang kebutuhan untuk ibunya sendiri terlupakan. Karena itu, Anda juga bisa menyetok produk seperti pompa ASI, koleksi baju hamil, dll.
6. Izin yang beres
Ketika membuka usaha, baik online sekalipun, Anda tentunya harus mengurus legalitas toko Anda tersebut, sehingga tak mengalami masalah. Konsumen pun juga menjadi lebih percaya.
7. Kemudahan belanja
Anda juga harus mengatur agar sistem belanja yang diberlakukan di toko online Anda praktis dan mudah dilakukan, serta tak berbelit-belit.
Sebagai seorang penjual untuk perlengkapan bayi, Anda juga harus memperhatikan ini ketika menjalankan usaha:
  • Bersikaplah ramah dan juga hangat, karena para ibu yang belanja akan lebih merasa nyaman jika Anda juga bersikap ramah dan sabar.
  • Selalu update dengan segala produk bayi yang terbaru, bahkan bisa jadi Anda menjual produk tersebut sebelum toko lainnya.
  • Khusus bagi toko online, foto barang-barang yang Anda jual, dan unggah satu-persatu sehingga terlihat jelas produknya. Tulis pula deskripsi barang dengan lengkap.
  • Sediakan blog di website Anda sehingga para pengunjung bisa merasa lebih dekat dengan Anda.
Itulah beberapa tips dan trik yang perlu Anda perhatikan di saat akan membuka toko perlengkapan bayi, terutama untuk toko online. Ingatlah, di dalam usaha seperti ini, kepercayaan pelanggan sangatlah penting. Anda harus memastikan bahwa produk yang Anda jual memang berkualitas, dan Anda harus jujur tentang merk-merk produk yang Anda jual.