Memulai Usaha Kue Kering

Kue – kue kering seperti nastar, kastengel, putri salju dan sebagainya merupakan salah satu jenis hidangan yang biasanya sering ada di masyarakat kita setiap kali lebaran tiba. Sifat kue kering yang relatif lebih awet dan tahan lama ditengarai menjadi alasan banyaknya orang yang meminatinya. Banyaknya peminat kue kering ini tentunya membuka peluang bagi kita untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara membuat dan menjual kue kering tersebut.

Namun sama seperti saat kita akan memulai jenis usaha lainnya, sebelum memulai usaha kue kering ini ada beberapa hal yang sebaiknya kita perhatikan. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah :

  • Jenis kue yang akan kita buat
    Sebelum memulai usaha kue kering ini tentunya kita terlebih dahulu harus menentukan jenis kue kering apa yang akan kita produksi dan kita pasarkan. Jenis kue kering yang akan kita buat tersebut sebaiknya adalah yang memiliki peminat cukup banyak sehingga nantinya kita tidak akan kesulitan untuk menjualnya. Dan jika kita masih pemula dalm hal membuat kue kering maka akan lebih baik jika kita pilih jenis yang mudah untuk dibuat atau kalaupun ingin membuat kue dengan tingkat kesulitan tinggi kita sebaiknya merekrut orang yang sudah ahli dalam hal ini ( tentunya untuk hal ini kita harus memperhitungkan biaya tambahan untuk gaji mereka).

 

  • Modal Yang Dibutuhkan
    Besar kecilnya modal dalam usaha pembuatan kue ini sebenarnya sangat bervariasi tergantung berbagai faktor seperti jenis kue yang akan dibuat, lokasi dan juga cara menjalankan usaha tersebut. Untuk usaha kue biasanya modal awal banyak tersedot untuk pengadaan peralatan dan juga untuk pembelian bahan bahan kue seperti tepung, gula dan sebagainya. Mengenai peralatan jika memang dan kita terbatas kita bisa mensiasatinya dengan berbagai cara, misalnya saja jika saat ini belum ada oven maka kita bisa membuat kue yang tidak memerlukan oven dalam pembuatannya. Toh saat ini kita sudah bisa dengan mudah mendapatkan resep kue kering tanpa oven sederhana lewat internet. Sedangkan untuk modal bahan pembuatan kue kita bisa mensiasatinya dengan menggunakan sistem pre order dimana dengan sistem ini pembeli akan membayar terlebih dahulu, dan dengan uang inilah kita beli bahan bahan yang dibutuhkan.

 

  • Cara Pemasaran / Penjualan
    Cara penjualan sebaiknya juga kita tentukan sebelum memulai usaha meski nantinya bisa juga kita ubah di tengah perjalanna. Untuk kue kering ini kita bisa memasarkannya baik secara offline ataupun online. Penjualan secara offline bisa kita lakukan dengan cara kita jual langsung ke orang orang sekitar kita, kita titipkan ke toko toko atau kita buat toko sendiri. Sedangkan untuk penjualan secara online kita bisa melakukannya melalui sosmed seperti facebook, twitter maupun instagram, Melalui merketplace seperti tokopedia atau bukalapak ataupun dengan membuat toko online sendiri. Tentunya masing masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya, tinggal kita pilih saja mana yang kira kira paling menguntungkan bagi kita.