Ini Dia Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook

MacBookEeePCNintendoDS
Teknologi yang berkembang pesat mengenalkan kita dari komputer meja atau PC desktop ke komputer jinjing atau laptop yang lebih mobile. Kita pun jadi mendengar istilah notebook, komputer tablet, ultrabook dan sebagainya. Tanpa tahu maksud dari istilah itu, terkadang kita pun dibuat bingung. Istilah itu kesemuanya mengacu ke komputer portable, sebuah perangkat komputer yang bisa di bawa ke mana-mana. Komputer model ini pun mulai menjadi barang kebutuhan kita.
Komputer jinjing yang merupakan komputer bergerak dilihat dari ukurannya memang relative kecil, bobotnya pun hanya berkisar 3-4 kg, memungkinkan untuk dibawa ke mana saja. Fungsinya sebenarnya sama dengan komputer desktop kita di rumah. Komponen yang ada di dalamnya pun sama dengan komponen pada desktop, yang membedakan hanya ukurannya saja yang diminikan, agar ringan, tidak cepat panas dan lebih hemat baterainya. Eh, tapi tahukah kamu kalau komputer jinjing sering juga disebut Notebook atau Netbook?
Dilihat dari perkembangannya, laptop merupakan generasi awal dari komputer portable yang digunakan untuk mempermudah penggunanya bisa setiap saat menggunakannya di mana pun. Komputer jinjing ini memiliki optical drive seperti CD/ DVD drive. Ukurannya sekitar 12 sampai 17 inchi. Sebagai perangkat pengganti PC desktop, kinerjanya sama baiknya dengan PC desktop. Sedangkan Notebook adalah bentuk pengembangan lebih lanjut dari komputer jinjing generasi pertama. Istilah Notebook bisa diartikan sebagai buku catatan, yang berarti perangkat ini mudah digunakan seperti kita menulis di buku catatan.
Kinerja komputer jinjing generasi pertama dengan Notebook kurang lebih sama. Yang membedakan ketiganya adalah:
  1. Ukuran Notebook yang lebih kecil (14 inchi). Berukuran kecil itulah yang merupakan keunggulannya.
  2. Notebook tidak dilengkapi optic drive berupa CD/ DVD drive, menjadikannya lebih ringan untuk di bawa.
  3. Desain Notebook lebih tipis. Ketebalannya tidak lebih dari 3 inchi.
  4. Netbook jika diperhatikan memiliki spesifikasi yang jauh di atas Notebook maupun si generasi pertama.
  5. Netbook tampil dengan layar 8 sampai 12 inchi.
  6. Daya tahan baterai milik Netbook lebih lama.
Ketiga jenis komputer jinjing tadi tidaklah sama, terutama pada Netbook. Seperti sudah diulas tadi, Netbook memiliki spesifikasi jauh di atas kedua pendahulunya. Netbook umumnya menggunakan prosessor Intel Atom. Keperuntukkannya digunakan untuk keperluan multimedia dan internet. Sedangkan laptop berprosessor Intel Core i3, i5 dan Core 2 Duo, dengan memori minimal 2 Giga Byte. Contoh brand laptop yang sedang popular saat ini salah satunya adalah Laptop Asus . Notebook tidak secanggih Netbook, karena keterbatasannya pada fitur yang disematkan didalamnya. Jika membutuhkan piranti yang lengkap untuk kebutuhan sehari-hari (sebatas mengetik, membuat paper, spreadsheet, desain sederhana, disarankan untuk lebih memilih komputer jinjing generasi pertama. Jadi jangan sampai salah sebut lagi ya.