Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Toko Online

Perkembangan teknologi yang demikian pesat akhir akhir ini turut mengubah cara hidup sebagian orang.Mereka yang tadinya hanya berjualan secara offline saja kini sudah mulai merambah dunia online. Mereka berjualan secara online baik melaui socmed, marketplace ataupun lewat toko online mereka sendiri. Tentunya diantara berjualan online lewat socmed ,marketplace dan toko online milik sendiri ini masing masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri sendiri. Dan diantara ketiga tempat jualan tersebut jika kita menginginkan kebebasan dalam pengelolaannya maka pilihan yang terbaik adalah dengan menggunakan web toko online yang kita miliki sendiri. Saat ini untuk memiliki sebuah toko online sudahlah sangat mudah. Kita bisa membuatnya sendiri atau menggunakan jasa pembuatan web yang sudah cukup banyak keberadaannya.

Nah jika kita berkeinginan membuat toko online sendiri maka setidaknya ada beberapa hal yang kita perlu perhatikan agara toko online kita nantinya bisa berjalan dengan lancar. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah :

Pemilihan Nama Domain
Untuk sebuah toko online tentunya pemilihan nama domain ini sangat penting. Untuk ekstensi domain tentunya .com adalah pilihan utama atau jika kita menarget pasar lokal maka bisa juga memilih domain .id. Sedangkan untuk nama domain sendiri sebaaiknya pilihlah nama domain yang mudah diingat dan juga mudah diucapkan serta tidak terlalu panjang. Kita bisa memilih apakah akan menggunakan brandable domain ataukah akan menggunakan EMD (exact match domain) untuk nama domain toko kita tersebut. Jika kita memang serius mau membangun toko online maka sebaiknya pilihlah domain dengan nama brand kita. Pastikan juga nama domain yang kita pilih ini tidak melanggar hak cipta yang dimiliki oleh pihak lain sehingga akan menghindari tuntutan hukum di kemudian hari.

Hosting yang Dipakai
Untuk kapasitas hosting yang dipakai dalam toko online hendaknya disesuaikan dengan jumlah barang yang akan diupload beserta ukuran file filenya, jangan sampai kita kehabisan space hanya gara gara kita memilih paket hosting dengan kapasitas penyimpanan yang terlalu kecil. Demikian juga dalam hal bandwith ada baiknya kita memilih layanan hosting yang memiliki bandwith unmetered. Dan karena web yang akan kita bangun adalah web toko online maka salah satu hal vital yang harus diperhatikan dalam pemilihan hosting adalah faktor keamanan dari hosting tersebut termasuk didalamnya apakah layanan hosting tersebut memiliki fitur ssl. Hal lain yang harus diperhatikan dalam pemilihan hosting ini adalah lokasi server yang dipakai, dalam hal ini jika toko online kita menyasar pengunjung dari Indonesia maka ada baiknya menggunakan layanana hosting yang memiliki server IIX . Untuk saat ini sendiri sudaha da banyak hosting yang memenuhi kriteria kriteria di atas misalnya saja niagahoster.

CMS yang Dipakai
Saat ini untuk membuat sebuah website termasuk juga web toko online kita tidak harus membuat scriptnya sendiri dari awal karena sekarang kita sudah membuat web dengan memanfaatkan cms yang ada baik itu yang gratis maupun yang berbayar. Jika kita berencana membuat web murah maka menggunakan cms gratis adalah pilihan tepat karena kita hanya megeluarkan biaya untuk domain dan hostingnya saja. Untuk toko online sendiri ada beberapa pilihan cms gratis yang bisa dipakai. Beberapa cms tersebut diantaranya adalah prestashop, magento, Opencart, osCommerce dan lain lain, bahkan sekarang pun dengan cms wordpress ditambah beberapa plugin kita juga sudah bisa membuat toko online. Tentunya dalam pemilihan cms ini kita harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh masing masing cms tersebut. Dan pastikan juga memilih menggunakan cms yang kita cukup familiar agar mudah dalm pengoperasiannya di kemudian hari. Namun jika diantara cms cms yang ada ini tidak dapat memenuhi keinginan kita kita juga bisa membuat web toko online dengan script buatan kita sendiri.

Tampilan Web
Mengingat saat ini orang lebih banyak mengakses internet lewat perangkat mobile maka hendaknya web toko online yang akan kita bangun ini memiliki tampilan yang responsive sehingga akan terasa nyaman saat dikunjungi baik lewat desktop ataupun lewat perangkat mobile seperti smartphone misalnya. Atau kalau tidak kta juga bisa membaut versi mobile dari web kita tersebut. Pastikan juga theme atau template web yang kita pakai ini tidak terlalu berat sehingga kita bisa cepat mengaksesnya. Hal ini karena kecepatan website dewasa ini tak hanya berpengaruh pada kenyamanan visitor saja melainkan sudah menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap ranking web kita di mesin pencari.