4 Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat Menggunakan Laptop

eye_158640_1280.png

Bekerja seharian penuh didepan laptop terkadang membuat mata perih ataupun mata berair akibat selalu menatap layar laptop yang mempunyai radiasi yang tidak baik untuk kesehatan mata.

Apakah Anda sering mengalami hal ini? Menatap layar laptop seharian pasti akan mengalami iritasi mata dan mata pegal-pegal. Terlebih jika intesitas cahaya laptop atau komputer terlalu tinggi malah akan membuat sakit kepala. Jika menatap depan laptop adalah sebuah tuntutan pekerjaan, Anda sudah pasti akan kebingungan bagaimana caranya menjaga kesehatan mata didepan laptop.

Untungnya, ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata dari layar laptop. Ada 4 kiat-kiat yang bisa anda lakukan untuk mengurangi ketidaknyaman akibat menatap layar laptop seharian.

 

1. Lebih Baik Perbesar Huruf atau Text

Biasanya laptop sudah mempunyai ukuran default untuk huruf atau textnya. Anda bisa menyiasatinya dengan memperbesar huruf atau text pada laptop anda. Sebab huruf atau text yang terlalu kecil bisa membuat mata anda bekerja dua kali lipat atau anda cenderung mendekatkan wajah pada depan layar. Justru cara itu bisa membuat mata anda lelah dan kepala pusing karena sinar radiasi yang masuk ke mata lebih besar.

 

2. Jangan Lupa Untuk Mengedipkan Mata Anda

 

Saking fokus dan konsentrasinya pada pekerjaan, seringkali orang saat menatap layar laptop lupa untuk mengedip-kedipkan mata. Jika mata jarang berkedip saat menatap layar maka akan menyebabkan mata kering. Jika anda merasa mata anda sudah kering, panas padahal sudah berkedip anda bisa menggunakan cairan  tetes mata agar membuat mata anda segar.

3. Sesuaikan Kecerahan Layar Komputer atau Laptop Anda

 

Layar yang terlalu cerah bisa membuat anda cepat sakit kepala dan sebaliknya jika layar terlalu gelap bisa membuat anda pusing. Sesuaikan kecerahan layar misalnya pada malam hari, kurangi tingkat kecerahan layar laptop anda dan begitupun sebaliknya pada siang hari anda bisa menyesuaikannya.

 

4. Gunakan Pola 20

 

Apa itu pola 20? Pola ini adalah cara yang bisa menyegarkan mata Anda kembali setelah menatap layar. Caranya mudah dengan menerapkan 20 menit bekerja, 20 detik untuk melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki atau setara dengan 6 meter dari tempat duduk anda.

 

5. Pilih Laptop Retina Display 

 

Secara tidak langsung radiasi laptop membuat mata cepat lelah dan bisa membuat pusing kepala. Untuk itu pilihlah laptop berkualitas seperti Acer retina display yang sudah dilengkapi dengan teknologi retina display sehingga mata akan tetap terlindungi dari radiasi sinar layar laptop yang membahayakan. Laptop acer dengan retina display bisa anda temukan di toko online terbesar dan terlengkap MatahariMall.com. Belanja di toko ini, kamu bisa mendapatkan laptop Acer murah sebab MatahariMall selalu menyediakan berbagai potongan harga bahkan cicilan yang menarik. Lihat harga terbaru laptop Acer disini.